oleh

Presiden Jokowi Harap Pasar Ikan Modern di Muara Baru Jadi Contoh

PMJ – Presiden RI Joko Widodo harap Pasar Ikan Modern di Muara Baru menjadi percontohan bagi pembangunan pasar ikan lainnya di daerah. Jokowi menerangkan, Pasar Ikan Modern (PIM) di Muara Baru tersebut merupakan pasar ikan modern yang pertama di Indonesia.

“Sekarang bangunan yang termodern seperti ini.  Ya ini sebagai contoh pembangunan di provinsi yang lain termasuk fasilitas di dalamnya,” terang, Jokowi saat meresmikan PIM di Muara Baru, Jakarta Utara, Rabu (13/03/2019).

Menurut Jokowi, dirinya telah menginstruksikan pembangunan pasar ikan modern pada Juli 2016 kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Model pembangunannya pun diakuinya meniru Pasar Ikan Tsukiji di Tokyo, Jepang.

Presiden RI Joko Widodo di Pasar Ikan Modern, Muara Baru. (Foto: Dok Net).

Dengan adanya PIM di Muara Baru, dia berharap bisa mengubah persepsi bahwa pasar ikan identik dengan kotor, becek, dan bau. Bila, dilihat dari luar, lanjut Jokowi, penampakan bangunan cukup modern dan tidak kalah dengan tempat belanja di mal.

“Saya minta agar penggunaan bangunan yang sudah modern disertai pola kerja baru dan kebiasaan baru. Kualitas ikan dijaga agar tetap segar. Mari dijaga kebersihan keamanan dan kenyamanan,” ujarnya.

Sekedar informasi, Pasar modern ini merupakan proyek milik KKP yang dikelola oleh Perum Perindo. PIM dibangun dengan dana APBN 2018 sebesar Rp150 miliar. Bangunan berlantai tiga ini dibangun pada Februari 2018 oleh BUMN kontraktor PT PP (Persero) Tbk.

Dandim 0502 Jakarta Utara bersama Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok.

PIM terdiri dari 894 kios basah (wet market) dan 155 kios kering (dry market). Fasilitas lain yang terdapat di PIM yakni cold storage, food court, ruang pengepakan, Instalasi Pengolahan Limbah (IPALI), klinik, ATM , ruang pertemuan dan masjid.

Sementara itu, sebanyak 551 personel gabungan dari unsur TNI/ Polri dan instansi terkait mengamankan kedatangan Presiden Jokowi di Pasar Ikan Modern di Muara Baru.

Apel pengamanan peresmian Pasar Ikan Modern berlangsung di halaman Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan Pelabuhan Muara Baru yang dipimpin oleh Dandim 0502 Jakarta Utara Letkol ARM. Arif Rahman. S.Sos, MM dan didampingi oleh Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Reynold E P Hutagalung, S.E., S.I.K., M.Si., M.H.

551 personel gabungan dari unsur TNI/ Polri amankan kedatangan Presiden Jokowi.

Peserta apel terdiri dari para Pejabat Utama (PJU) beserta anggota Polres Polres Pelabuhan Tanjung Priok dan Polsek Pademangan, Paspampres, Intel TNI, anggota Kodim 0502 JU, pasukan Yon Kav 7, anggota Brimob PMJ, personel Dit Samapta Polda Metro Jaya dan tirai gabungan TNI. (FER).

Komentar

News Feed