oleh

Standar Keselamatan di Laut, Polisi Selalu Imbau Nelayan Pakai Life Jacket

PMJ – Nelayan merupakan profesi yang banyak digeluti oleh warga Kepulauan Seribu. Kondisi geografis berupa lautan menunjang mereka untuk menjadi seorang nelayan baik itu sebagai profesi tetap maupun sampingan.

“Hampir setiap warga di wilayah Polsek Kepulauan Seribu Utara ini pernah pergi melaut mencari ikan. Mereka melaut untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari atau sekedar iseng mencari ikan,” terang Kapolsek Kepulauan Seribu Utara, di bawah koordinasi Polres Kepulauan Seribu, Iptu Isbiyanto, Kamis (21/03/2019).

Karena banyaknya warga yang sering pergi melaut, Iptu Isbiyanto dalam imbauannya menyampaikan kepada seluruh Bhabinkamtibmas Polsek Kepulauan Seribu Utara agar giat mensosialisasikan penggunaan life jacket.

“Life jacket itu penting digunakan saat Anda sedang berada di laut,” tegasnya.

Melalui giat sambangnya, para Bhabinkamtibmas selalu menghimbau kepada nelayan agar selalu menyediakan life jacket di kapalnya dan menggunakannya saat berada di tengah laut.

“Cuaca dilaut itu susah diprediksi, bisa berubah seketika dan rawan terjadi kecelakaan kapal jika cuaca memburuk. Dengan menggunakan life jacket tentu akan menolong nelayan untuk tidak tenggelam jika tercebur ke laut,” tutur Iptu Isbiyanto menjelaskan.

Menurutnya, walaupun rata – rata nelayan pandai berenang namun tidak menutup kemungkinan saat terjadi kecelakaan mereka dapat tenggelam.

Jika saat kecelakaan terjadi angin kencang dan ombak tinggi melanda, orang yang pandai berenang pun akan mengalami kelelahan dan tenggelam. Namun, dengan life jacket, mereka akan tetap mengapung di permukaan laut.

“Banyak nelayan yang enggan memakai life jacket karena mereka menganggap itu tidak perlu. Itulah sebabnya kita terus melakukan himbauan, mengingatkan mereka tentang pentingnya life jacket,” kata Iptu Isbiyanto.

Life jacket merupakan standar keselamatan yang wajib ada di kapal laut, hal tersebut tertuang dalam UU RI No 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran. (FER).

Komentar

News Feed