oleh

Balita Korban Penculikan Dieksploitasi Pelaku Untuk Mengemis

PMJ – Balita malang ASA (3) yang diculik oleh Anggraeni (55) ternyata dijadikan pengemis. Korban diculik oleh pelaku saat sedang main di masjid di Komplek Bintara 3, Bintara Jaya, Bekasi Barat, Kota Bekasi, pada Selasa (9/4/2019).

Kabid HUmas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan bahwa pelaku sering menyapu-nyapu masjid dan sering dikasih uang oleh Jemaah sehabis sholat. “Dia sering nyapu-nyapu (di masjid), sering dikasih uang ya oleh jamaah lewat di situ,” kata Kombes Argo kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Senin (15/4/2019).

Konferensi pers penangkapan pelaku penculikan balita di Bekasi. (foto: PMJ/FJR)

Pelaku sengaja megajak korban dengan harapan warga yang melihatnya akan merasa iba sehingga pelaku bisa mendapatkan uang lebih banyak. “Dengan adanya anak kecil tadi dibawa itu semakin anak kecil ini dibawa, semakin orang iba dan memberi sedekah kepada ibu ini dengan gendong anak merasa kasian, banyak orang beri uang di sana,” ujar Kombes Argo.

Pelaku mengaku membawa korban dari Masjid Al-Amin Bintara Jaya, Bekasi Barat, karena merasa kasihan. “Kalau kita tanya motifnya itu tadi, motifnya dia awalnya merasa ini anak sendirian kemudian dia gendong, tapi dalam perjalan waktu anak ini digunakan untuk timbulkan rasa iba dan belas kasih kepada orang yang terlihat sehingga orang beri sesuatu, dalam hal ini uang,” ungkap Kombes Argo.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 328 KUHP dan atau Pasal 330 KUHP dan atau Pasal 83 Jo Pasal 76F dan atau Pasal 88 Jo Pasal 76I UURI No 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. Korban saat ini ditahan di Polda Metro Jaya. (FJR/BHR)

Komentar

News Feed