oleh

Sabar Guys! Begini Cara Hadapi Orang yang Lebih Percaya Hoax

PMJ – Sebelum dan sesudah Pemilu 2019, banyak orang terperangkap dalam hal-hal yang diyakininya sendiri lantas mengabaikan apa yang sebenarnya terjadi (sebuah fakta).

Tak sedikit orang yang menjadi korban dari berita bohong (atau hoax) terkait Pilpres ini. Orang-orang seperti inilah yang sulit untuk menerima fakta seberapa keras pun usaha orang lain meyakinkannya bahwa itu hoax.

Merunut dari sumber Scientific American, penyebab pikiran seseorang bisa sangat sulit diatur adalah karena mereka memiliki pandangan berbeda.

Orang yang berpendirian keras seperti ini, biasanya merasa bahwa apa yang dikatakan seseorang tidak akan sama dengan pandangan hidupnya.

Psychology Today, mengatakan orang yang berpendirian keras biasanya mengalami ‘backfire effect’, atau menguatnya pandangan seseorang ketika dihadapkan dengan berbagai fakta yang ada.

Sering menjadi pertanyaan memang, bagaimana cara mengubah pikiran orang-orang yang ngeyel seperti itu? Tentunya sangat tidak mudah.

Melihat kasus di atas, berikut ini ada lima cara ampuh untuk meyakinkan orang yang sulit menerima fakta.

Jelaskan Secara Berurutan

Tak mudah memang meyakinkan seseorang yang sudah termakan berita hoax. Hal ini dapat diatasi dengan cara memberikan fakta dengan perlahan dan berurutan.

Berikan Kesempatan Sampaikan Argumennya

Sebelum menyampaikan argumen fakta, sebaiknya kita dengarkan dulu lawan bicara kita. Hal ini juga salah satu cara untuk menghindari salah pendapat (miss persepsi) satu sama lain.

Tenang dan Sabar

Pada umumnya saat memperdebatkan sesuatu, seseorang akan mudah terpancing emosinya ketika dihadapkan pada argumen yang tidak ilmiah.

Ini tentunya sangat berbahaya, terutama jika terjadi dalam forum diskusi. Sebaiknya berusaha untuk tetap tenang dan menjaga emosi, walaupun tidak setuju dengan argumennya.

Tunjukkan Respek

Menghargai pendapat orang lain tentunya sangat penting. Sebaiknya kita menghargai apa yang dikatakannya seberapa pun tidak punya landasan kuat. (FER/ DBS)

Komentar

News Feed