oleh

Berkenaan Perlindungan Data Pribadi, Kominfo: Masyarakat Harus Diedukasi

PMJ – Dalam upaya pemerintah dan lembaga yang peduli terhadap perlindungan data pribadi untuk segara mengesahkan RUU-nya, ada satu masalah lain yang juga harus diselesaikan bersama.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkapkan, bahwa masyarakat harus diedukasi dari sekarang terkait perlindungan data pribadi.

“Percuma saja ada Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi kalau masyarakatnya tidak mau dilindungi. Masyarakat kita harus kritis dan tahu untuk apa data pribadi diminta oleh suatu pihak,” ungkap Semuel Abrijani selaku Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo, di Jakarta, belum lama ini.

Sekedar informasi, ELSAM adalah Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat. Bersama lembaga-lembaga lainnya yang bergabung.

Namun, ELSAM fokus menyoroti isu-isu terkait data pribadi di Indonesia. ELSAM menilai dengan mempertimbangkan situasi saat ini, RUU Perlindungan Data Pribadi harus segara disahkan.

Sammy menilai masih banyak masyarakat Indonesia yang sangat pasif bahkan seolah tidak peduli dengan data pribadi mereka.

“Masyarakat jangan mau terlalu mudah memberikan informasi data pribadinya ke orang lain. Sayangnya, memberi informasi seperti KTP kepada pihak yang tidak seharusnya seolah hal yang wajar-wajar saja,” keluhnya.

Ke depannya, Sammy pun berharap forum-forum diskusi atau program yang membahas tentang pentingnya menjaga data pribadi terus dilakukan.

Saat nanti Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi diterapkan, masyarakat pun sudah siap menerima aturan itu. (FER)

Komentar

News Feed