oleh

Jusuf Kalla Tegaskan, Pemerintah Tidak Pernah Melarang Rizieq Shihab Pulang ke Tanah Air

PMJ- Rekonsiliasi yang diajukan tim dari BPN, Prabwo-Sandiaga Uno yang menginginkan pemerintah untuk memulangkan Habib Rizieq Shihab, sedang menjadi perbincangan publik. Bagaimana tanggapan pemerintah terkait hal tersebut?

Menurut Wakil Presiden Jusuf Kalla, terkait syarat yang diajukan tersebut, sudah lama dan berulang kali diungkapkan. JK mengatakan, hingga saat ini pemerintah tidak pernah melakukan pelarangan terhadap Habib Rizieq Shihab untuk pulang ke Tanah Air.

“Iya, harapannya itukan sudah lama. Habib Rizieq sebenarnya tidak dilarang pulang. Cuma beliau ini masih ada kendala untuk pulang. Ya, pemerintah terbuka saja untuk hal itu,” ungkap Jusuf Kalla, Rabu (10/7/2019).

Rizieq Shibab di sebuah kesempatan. (Foto : PMJ/Doknet).

JK juga menegaskan, bahwa negara dalam hal ini tidak memiliki hal dan tidak bisa melarang warganya untuk kembali ke Tanah Air. Kapan dan dimana pun warganya berada, selama masih WNI negara sangat terbuka untuk pulang ke tanah kelahirannya Indonesia.

Hal itu juga berlaku untuk Rizieq Shihab yang selama ini berada di Arab Saudi. Selama memiliki paspor dan tidak dicekal, Rizieq Shibab bisa dengan bebas keluar dan masuk ke Indonesia yang menjadi negaranya.

“Tidak ada itu melarang. Dipersilahkan saja untuk pulang. Mana ada hak Pemerintah melarang hak warga negara ke Tanah Air. Enggak ada, enggak boleh itu,” tandas JK.

Sosok Rizieq Shihab sebagai seorang ulama juga sangat baik untuk berada di Indonesia. Tidak ada yang bisa untuk melarang dirinya kembali ke Indonesia kapan pun ingin kembali. (Gtg-03).

Komentar

News Feed