oleh

Jokowi Sebut Investasi Masela Merupakan yang Terbesar Sejak Indonesia Merdeka

PMJ – Indonesia kembali mendapat kepercayaan dari para investor asing untuk menanamkan modalnya di tahan air. Kali ini Investor tersebut masuk di sector minyak dan gas (migas), yaitu melalui proyek Lapangan Abadi di Blok Masela.

Tidak tanggung-tanggung, Inpex Corporation yang merupakan kontraktor migas asal Jepang berani menggelontorkan ratusan triliun. Proyek tersebut sempat molor selama bertahun-ahun dan akhirnya disepakati di periode Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Inpex Corporation yang menjadi operator megaproyek migas di Indonesia Timur itu diperkirakan akan berinvestasi sebesar Rp 288 triliun atau US$ 22 miliar sampai 2027. Jokowi menyambut baik investasi terbesar sejak Indonesia meredeka itu.

“Ini adalah sebuah investasi yang sejak kita merdeka, ini investasi yang paling besar dan dari sisi dampak nantinya itu bisa ratusan ribu yang bekerja di sana apabila dikembangkan ke derivatif di bawahnya, petrochemical-petrochemical, ini yang saya sampaikan terus akan kita kawal,” terang Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (19/7/2019).

Jokowi berharap proyek ini bisa dimulai sesuai jadwal dan sudah mulai beroperasi di 2027. Untuk proyek besar ini, Jokowi mengatakan Inpex untuk menggunakan tenaga kerja dalam negeri sebanyak-banyaknya.

“Saya minta local content setinggi-tingginya, penggunaan tenaga kerja karyawan dari daerah lokal dan indonesia juga sebanyak-banyaknya,” tegas Jokowi. (BHR)

Komentar

News Feed