oleh

Polisi Ungkap Penipuan dengan Modus ‘Anak Mengalami Kecelakaan’

PMJ – Unit 2 Resmob Polda Metro Jaya berhasil mengungkap dan mengamankan 3 pelaku penipuan dengan modus mengabarkan kepada korban bawha anaknya kecelakaan. Atas aksinya tersebut, pelaku meraup puluhan jutaan rupiah dari para korbannya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan bahwa para pelaku mempunyai peran masing-masing. Ada juga pelaku yang berperan menelepon korban dengan berpura-pura menjadi guru dan dokter.

“Para pelaku yakni, M (27) yang melakukan peran sebagai Guru dan dokter ini melakukan penipuan dengan cara menelepon orangtua murid korban dengan mengatakan bahwa anak korban terjatuh dan masuk rumah sakit,” ungkap Kombes Argo di Mapolda Metro Jaya, Jumat (19/7/2019).

Pelaku memperagakan penipuan yang dilakukan kepada korban dengan mengatakan anaknya kecelakaan. (foto: PMJ/Fjr)

“Kemudian, jika penipuan terhadap orangtua berhasil pelaku AZ (38) kemudian menelepon korban untuk meminta serta mengingatkan bahwa korban untuk mentranfer uang kepada rekening yang sudah diberitahukan, sedangkan A (27) bertugas untuk mencari data orangtua murid,” sambungnya.

Para pelaku biasa melakukan aksinya tersebut seminggu sekali dan bisa meraup uang jutaan rupiah dari satu korban. “Setelah korban tertipu akan peran para pelaku, korban langsung mentransfer uang ke rekening yang sudah diinformasikan pelaku sebanyak Rp 22 Juta kepada pelaku,” ujar Kombes Argo.

Atas perbuatannya tersebut, para tersangka dikenakan Pasal 378 KUHP dan atau Pasal 4 dan Pasal 5 Juncto Pasal 2 ayat (1) huruf r dan atau z UU RI Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian, dengan ancaman hukuman penjara 7  tahun dan atau 20  tahun. (FJR/BHR)

Komentar

News Feed