oleh

Presiden Jokowi Ucapkan Duka Cita, “Selamat Jalan Arswendo”

PMJ – Arswendo berpulang dengan damai pasca berjuang menghadapi kanker kandung kemih yang membuatnya sempat dirawat beberapakali di rumah sakit.

Meninggalnya Arswendo tak didahului banyak tanda. Ia menghembus nafas terakhir begitu saja. “Meninggalnya tenang, baik, senyum, dan sekarang sudah tidak sakit lagi,” ujar Tiara sebagai anak ketiga Arswendo ketika ditemui di rumah duka.

Kerelaan itu juga ditunjukkan oleh istri Arswendo, Agnes Sri Hartini. Pada malam kepergian suaminya, Agnes sibuk memastikan berbagai urusan persemayaman dan peribadatan berjalan sempurna.

Bahkan, Agnes aktif memilihkan peti jenazah untuk Arswendo sembari menerima kedatangan pelayat yang tak henti datang ke rumah duka dari Jumat (19/07/2019) malam hingga Sabtu (20/07/2019) dini hari.

“Saya mau yang atas,” tutur Agnes ke petugas yang meminta dirinya memilih satu dari dua peti jenazah untuk Arswendo.

Lukisan “The Last Supper” atau Perjamuan Terakhir terpahat di sisi kanan dan kiri pada peti jenazah pilihan Agnes.

Sementara itu, di atas peti berwarna coklat kayu itu terpasang salib berukuran sedang berwarna keemasan.

Setelah peti jenazah ditempatkan di ruang tengah rumah, jenazah Arswendo yang telah dimandikan dan dipakaikan baju terbaik dibaringkan di dalamnya.

Peribadatan pun dimulai pada tengah malam. Nyanyian-nyanyian doa dilantunkan untuk melepas kepergian wartawan senior dan penulis serial televisi “Keluarga Cemara” tersebut.

Tak lama berselang, para pelayat pun mengantri menyalami Agnes beserta tiga anak dan enam cucu Arswendo.

Sedangkan, dari luar, karangan bunga tak berhenti datang memenuhi jalanan depan rumah Arswendo.

Dari banyaknya ucapan duka yang datang, salah satunya berasal dari Presiden Joko Widodo beserta keluarga.

Datangnya ucapan duka dari Jokowi itu pun menarik banyak perhatian pelayat. Satu per satu dari mereka berfoto depan karangan bunga tersebut.

Tak terkecuali Agnes. Setelah selesai menerima kedatangan para pelayat hingga pukul 01.30 WIB, Sabtu, istri mendiang Arswendo itu ke luar rumah bersama putrinya melihat berbagai karangan bunga yang datang dari para pejabat negeri dan kerabat dekat suaminya.

Ia pun berfoto dengan beberapa karangan bunga yang dikirimkan oleh Jokowi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, pendiri Kompas Jakob Oetama, dan dari tempat suaminya mengajar, London School of Public Relations. (ANT/ FER).

 

Komentar

News Feed