oleh

Enam Tersangka Penipuan Pencucian Uang di MA, Terancam 20 Tahun Penjara

PMJ- PMJ – Unit 4 Resmob Dit Reskrimum Polda Metro Jaya berhasil mengungkap kasus penipuan dan tindak pidana pencucian uang dengan modus menyamar sebagai panitera Mahkamah Agung (MA) dan Pengadilan Negeri (PN).

Enam tersangka yang berhasil diamankan yakni, AA (38), RL (23), A (38), EK (45), S (39), dan S (40). Polisi menyebut mereka telah menjalankan penipuan selama 3 tahun.

“Tersangka AA mengaku telah menjalankan aksi penipuan itu selama tiga tahun. Uang hasil penipuan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan membeli sebuah rumah di kawasan Bekasi, Jawa Barat,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono dalam konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (2/8/2019).

Enam Tersangka yang diamankan Kepolisian. (Foto : PMJ/Fjr).

“Mereka menjalankan aksi bersama-sama di sebuah rumah di Bekasi. Saat diamankan, kami mengamankan barang bukti diantaranya uang tunai Rp 49 juta, dua buah buku rekening, dan buku rekapan data korban,” Sambungnya.

Atas perbuatannya, para tersangka dijerat Pasal 378 KUHP dan atau Pasal 4 dan Pasal 5 Juncto Pasal 2 ayat (1) huruf r dan atau z UU RI Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian, dengan ancaman hukuman penjara maksimal 20 tahun.(Fjr/Gtg-03).

Komentar

News Feed