oleh

Moeldoko Jelaskan Langkah Pemerintah Meningkatkan Kualitas SDM

PMJ – Pada periode kedua pemerintahannya, Presiden Joko Widodo akan fokus membangun Sumber Daya Manusia (SDM) agar mampu bersaing dengan negara lain. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menjelakan bahwa untuk menciptakan SDM unggul maka suatu negara harus memperbaiki indeks pembangunan manusia (IPM).

Saat ini IPM Indonesia masih tertinggal imana hanya berada ada di ranking 114, sementara Korea Selatan berada di posisi 14 dan negara tetangga Singapura di ranking 2. “Ini yang perlu saya sampaikan, kalau ingin SDM unggul maka indeks-indeks ini harus dipersempit. Sementara ini masih cukup jauh bila dibandingkan negara maju,” kata Moeldoko di Forum Merdeka Barat, Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Moeldoko menuturkan bahwa pemerintrah sudah melakukan banyak hal untuk memperbaiki kualitas SDM dalam negeri. “Kalau bicara IPM maka tidak bisa lepas dari kesehatan dan pendidikan. Kita telah perbaiki kualitas kesehatan dengan Kartu Indonesia Sehat, Program Keluarga Harapan, dan sembako murah. Ini semua untuk meningkatkan gizi,” tegasnyanya.

“Dari kualitas pendidikan, pemerintah sudah menyalurkan kartu Indonesia pintar dan bisik misi,” sambungnya.

Sementara untuk tahun depan pemerintah telah menyiapkan berbagai langkah untuk mendukung SDM maju dan unggul. “Kartu Indonesia Pintar (KIP) tahun 2020 kita targetkan 14 ribu penerimaan untuk kuliah. Juga 2 juta kartu pekerja di 2020 untuk anak-anak kita yang perlu mendapatkan lapangan kerja,” pungkasnya. (BHR)

Komentar

News Feed