oleh

Pengumuman Pemindahan Ibu Kota Dilakukan saat Pidato Kenegaraan

PMJ – Pengumuman pemindahan Ibu Kota baru pengganti Jakarta akan dilakukan saat pidato kenegaraan, pada Jumat (16/08/2019). Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu sempat mengatakan bahwa dirinya akan menginformasikan pemindahan Ibu Kota baru tersebut pada Agustus 2019.

Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko menuturkan berharap rencana pemindahaan Ibu Kota baru yang akan menggantikan Jakarta bisa disampaikan pada saat pidato kenegaraan di Gedung DPR/MPR RI. “Iya mudah-mudahan (diumumkan Ibu Kota baru pada Jumat (16/08/2019),” tutur Moeldoko di Kantor Bappenas, Jakarta, Rabu (14/08/2019) kemarin.

Moeldoko juga menambahkan bahwa Presiden Jokowi telah memerintahkan kepada para menteri untuk menganalisa secara mendalam terkait daerah yang akan dijadikan Ibu Kota baru itu. “Belum tahu pasti (diumumkan tanggal 16 Agustus 2019 atau tidak), karena perintahnya kepada menteri untuk dilakukan analisa lebih dalam lagi,” ujar Moeldoko.

Sekedar informasi, ada dua lokasi yang menjadi kandidat kuat untuk menggantikan Ibu Kota Jakarta saat ini, yakni kawasan Bukit Soeharto, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, dan Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah.

Untuk membangun Ibu Kota baru yang rencananya seluas 40.000 hektar, pemerintah memerlukan dana sekitar 33 miliar dollar AS, jika di rupiahkan senilai Rp 446 triliun. (KIK/BHR)

Komentar

News Feed