oleh

MPR Siap Gelar Rapat Bahas Rencana Amandemen UUD 1945

PMJ – Pimpinan MPR rencananya akan menggelar rapat untuk menuntaskan draft rekomendasi dari MPR periode 2014-2019 yang sudah dibahas bersama Badan Pengkajian MPR.

Sekretaris Fraksi PAN MPR, Saleh Daulay menerangkan, bahwa rapat nanti malam dilakukan bersama dengan tim singkronisasi. Terdapat sejumlah rekomendasi yang diharapkan selesai sebelum masa sidang berakhir.

“Isi rekomendasi itu yaitu terkait perubahan tatib MPR juga rekomendasi rencana amendemen UUD 1945. Yang mau diamendemen itu isunya ada tujuh,” ungkap Saleh, di Jakarta, Rabu (21/8/2019).

Saleh kembali mengatakan, ketujuh isu tersebut yaitu, mengacu kepada Undang-Undang MD3. Di antaranya penataan kelembagaan MPR, penataan kelembagaan DPD hingga penataan kelembagaan sistem presidensial.

“Yang kemarin itu rapat badan pengkajian MPR untuk menuntaskan draf rekomendasi dan tatib. Nah hari ini akan dilanjutkan lagi rapat, tapi oleh tim sinkronisasi,” jelasnya.

“Tim sinkronisasi berasal dari pimpinan-pimpinan fraksi di MPR. Yang akan dirapatkan adalah hasil dari tindak lanjut rapat lalu. Jadi ini empat hari berturut-turut ya, nanti akan lanjut lagi tanggal 21-22 Agustus,” urainya melanjutkan.

Lebih jauh, menurut Saleh, hal itu akan dibawa lagi ke rapat gabungan MPR pada tanggal 28 Agustus. Setelah itu baru dibawa ke sidang paripurna akhir masa jabatan. (FER).

Komentar

News Feed