oleh

Aksi Demo di Hong Kong Kian Memanas

PMJ – Aksi demonstrasi di Hong Kong semakin memanas dengan polisi. Akhirnya, aparat terpaksa menggunakan senjata api dan mobil penembak air pertama kalinya untuk menertibkan aksi massa, hari Minggu (25/08/2019) waktu setempat.

Sejak protes Undang-Undang Ekstradisi dimulai pertama kali di Juli, polisi Hong Kong biasanya hanya bergantung pada gas air mata.

Dalam aksi demo kali ini, terdengar suara tembakan senjata api serta terlihat beberapa mobil huru-hara penembak.

Aksi demo di Hong Kong makin memanas. (Foto: Dok Net).

Juru bicara kepolisian Hong Kong menerangkan, bahwa suara tembakan hanya digunakan untuk menjadi peringatan kepada para demonstran.

“Mengarahkan senjata ke langit merupakan pilihan terbaik dibawah situasi tersebut tanpa pilihan lainnya,” demikian kata Senior Superintendent (atau Kombes Pol) Yolanda Yu Hoi-Kwan, Senin (26/08/2019) pagi waktu setempat.

Aksi demo di Hong Kong makin memanas. (Foto: Dok Net).

Ia mengatakan, aksi yang diambil kepolisian meruapakan pilihan yang diambil untuk menghindari kerusakan lebih lanjut dan situasi yang dapat mengancam para wartawan, demonstran, maupun petugas sendiri.

Saat ini, para demonstran juga telah menyampaikan bahwa mereka akan ‘tetap kuat’ di tengah-tengah situasi yang memanas, dan akan tetap melanjutkan aksi damai demonstrasi mereka. (DEW/ FER)

Komentar

News Feed