oleh

Gunakan Komponen Lokal 60%, Harga Mobil Esemka Kompetitif

PMJ – Dalam peruncuran perdana mobil Esemka, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengaku bangga dengan mobil hasil karya anak bangsa tersbeut. Budi juga membeberkan sederet keunggulan mobil Esemka.

“Saya hari ini bangga, banyak sekali adik-adik di sekitar Solo paling enggak ya, yang bisa bekerja untuk satu produk dalam negeri yang namanya Esemka,” kata Budi Karya ketika mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pabrik Esemka, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019) kemarin.

Budi yakin Esemka bisa bersaing di pasaran, terlebih menurutnya Esemka punya produk-produk yang bisa memenuhi kebutuhan untuk angkutan barang di pedesaan. Bahkan mobil Esemka juga memungkinkan diekpor ke negara-negara ASEAN.

“Saya pikir untuk negara negara tertentu ya seperti Myanmar dan segala macam dimungkinkan kita ekspor. Tapi saya pikir kita konsentrasi dalam negeri karena kebutuhan untuk industri dan pertanian itu sangat banyak sekali,” ungkapnya.

Budi menjelaskan bahwa sudah asa 12 produk Esemka yang lulus uji tipe, meski baru dua tipe yang diproduksi massal. Terlepas dari itu, dia kembali optimis bahwa masa depan Esemka begitu cerah, terlebih tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) hasil rakitan produk Esemka tergolong tinggi hingga mencapai 60%.

“Harganya kompetitif. Jadi kalau gak salah on the road itu Rp 110 juta. Nah Rp 110 juta sudah mendapatkan mobil seperti itu. Dan ini kan praktis juga multifungsi ya. Bisa digunakan untuk angkutan penumpang juga dan sebagainya,” pungkasnya. (BHR)

Komentar

News Feed