oleh

Banyak Minum Kopi Mampu Kurangi Resiko Penyakit Batu Empedu

PMJ – Sebuah penelitian di dalam Jurnal Internal Medicine mengungkapkan bahwa minum kopi lebih banyak dapat mengurangi risiko penyakit batu empedu.

Penelitian yang ditulis oleh A.T. Nordestgaard bersama rekan-rekannya tersebut dilakukan dengan melakukan pengacakan mendalam, yang menemukan risiko lebih rendah terhadap orang-orang yang meminum kopi lebih banyak.

Hal tersebut diteliti dengan mengambil sampel sebanyak 104.493 orang, yang meminum lebih dari enam cangkir kopi per hari memiliki risiko 23 persen lebih rendah dibandingkan yang tidak minum kopi.

Selain itu, tim Nordestgaard juga mengungkap bahwa meminum satu cangkir kopi per hari membuat risiko batu empedu menurun sebanyak tiga persen.

Namun, hal tersebut bukan bergantung hanya dengan konsumsi kopi saja, namun juga varian genetik individu yang telah dikaitkan memiliki risiko batu empedu yang lebih rendah.

Meskipun penelitian ini hanya mengunkap korelasi, para penulis juga menyoroti beberapa mekanisme di mana konsumsi kopi dapat membantu mencegah pembentukan batu empedu.

Terpisah, kopi juga telah diungkap oleh peneliti sebelumnya bahwa dua hingga tiga cangkir sehari dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan lupa ingatan.

Meski begitu, konsumsi kopi yang sebaiknya dikonsultasikan oleh dokter yang sudah memiliki catatan kesehatan Anda, agar dapat mencegah penyakit lainnya yang tidak diinginkan. (DEW/ FER)

Komentar

News Feed