oleh

Buchtar Tabuni Ditangkap Atas Dugaan Makar dan Kerusuhan di Papua

PMJ – Wakil Ketua ULMWP (United Liberation Movement for West Papua atau Gerakan Persatuan Pembebasan untuk Papua Barat) Buchtar Tabuni, diringkus pihak kepolisian terkait dugaan makar. Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, Buchtar ditangkap pada Senin (9/9/2019).

“Benar, yang bersangkutan (Buchtar Tabuni) kami amankan terkait makar,” tutur Dedi di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (11/9/2019).

“Senin kemarin (Buchtar Tabuni ditangkap). Saat ini masih dilakukan pemeriksaan oleh rekan-rekan dari penyidik,” lanjut Dedi.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, pihak Kepolisian terus mendalami dan menyelidiki kasus kerusuhan massa yang terjadi di Papua dan Papua Barat, untuk mengungkap dalang di balik aksi tersebut.

“Saat ini kita sedang fokus mengungkap dalang kerusuhan terkait kasus Papua, dan melakukan upaya pencegahan maksimal sampai beberapa hari dan beberapa bulan ke depan,” demikian kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo, di Gedung Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (06/09/2019).

Kapolri Jenderal Tito Karnavian menegaskan bahwa pihak kepolisian akan mengungkap aktor dibalik kerusuhan Papua.

“Kalau tidak diungkap tuntas, akan berulang kembali. Dan tentunya beberapa kalender mereka sudah sampai 1 Desember, yang harus diantisipasi aparat keamanan, tokoh masyarakat, tokoh agama secara komprehensif. Kalau tidak, akan digulirkan terus,” tutur Tito di Jayapura. (Kik/Gtg-03).

Komentar

News Feed