oleh

Ini Tanggapan JK Terkait Revisi UU KPK

PMJ – Wakil Presiden, Jusuf Kalla (JK) menanggapi usulan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang sepakat merevisi Undang-Undang (UU) Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Usulan tersebut merupakan inisiatif DPR RI dan menjadi kontroversi, dimana banyak penolakan yang datang.

Kekhawatiran revisi UU itu muncul karena dianggap mengerdilkan peran KPK dalam memberantas tindak pidana korupsi di dalam negeri. Namun JK mengatakan bahwa salah satu alasan diusulkannya revisi UU KPK adalah aksi tangkap tangan yang dilakukan KPK selama ini membuat banyak pejabat negara dan juga pejabat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ketakutan dalam mengambil keputusan.

“Di samping keberhasilan juga punya efeknya kalau dulu pejabat negara atau BUMN atau apa pun itu dia sangat hati-hati. Sekarang bukan lagi hati-hati, (tapi) rasa takut luar biasa,” ungkap JK di kantor Wapres, Jakarta, Selasa (10/9/2019).

JK menjelaskan bahwa ketakutan dalam mengambil keputusan tersebut membuat sistem pemerintahan tidak berjalan dengan sempurna. (BHR)

Komentar

News Feed