oleh

Terlibat Kericuhan di Papua, Ketua KNPB Ditangkap

PMJ – Pihak kepolisian kembali mengamankan satu orang yang merupakan penggerak massa aksi berujung kericuhan di Bumi Cendrawasih. Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB), Mimika Steven Itlay diamankan di gerbang Universitas Cendrawasih, Jayapura, pada Rabu (11/9/2019) sekitar pukul 17.56 WIT.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengtatakan pihaknya masih melakukan pendalaman. “Saat ini, pelaku (Steven Itlay) sedang didalami perannya dalam kerusuhan di Jayapura dan beberapa wilayah di Papua,” tutur Dedi di Mabes Polri, Kamis (12/9/2019).

Selain menjadi orang yang menggerakkan organisasi KNPB di Mimika, Sentani dan beberapa daerah lainnya untuk melakukan aksi di jalan, Steven juga diduga menjalin komunikasi dengan tokoh separatis Papua Benny Wenda.

“Diduga, (Steven) terkoneksi dengan BW (Benny Wenda),” urai Dedi.

Selain Stevem, aparat gabungan TNI – Polri juga mengamankan dua orang yakni Aris Wenda dan Yulubanus Damai W Kogoya sebagai saksi dalam perkara ini. Dari ketiganya, barang bukti yang disita anggota TNI – Polri pada saat penangkapan berupa 4 buah HP, uang tunai senilai Rp 5,5 juta, 1 buah flashdisk dan 1 unit mobil. (KIK/BHR)

Komentar

News Feed