oleh

Pemerintah Siapkan Surat Utang Khusus Pengembangan Ekosistem Kelautan

PMJ – Pemerintah tengah menyiapkan penerbitan surat utang (bond) khusus untuk mengembangkan ekosistem kelautan. Hal tersebut diungkapkan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegero usai menghadiri acara SDGs Annual Conference 2019 terkait Laut Berkelanjutan.

“Blue bond konsepnya kita siapkan. Sekarang masih kita siapkan dengan benar. Program apa yang akan dimanfaatkan bonds tersebut,” kata Bambang di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Bambang menuturkan, blue bonds hampir mirip dengan green bond dimana pemakaiannya harus jelas digunakan untuk apa. “Beda dari government bond biasa yang dipakai untuk tutup defisit. Kalau ini [blue bonds] harus spesifik programnya dan jelas targetnya. Itu masih kita siapkan,” ujarnya.

Bambang berharap penerbitan blue bond bisa dilakukan tahun 2020. “Mudah-mudahan tahun depan bisa. Tapi programnya benar-benar kita siapkan,” ungkapnya.

Blue bond diharap bisa mengembangkan program mencegah erosi dan abrasi pantai lewat penanaman mangrove. Blue bonds juga akan digunakan untuk merehabilitasi terumbu karang dan memperkuat perikanan di Indonesia.

“Jadi, programnya harus jelas benar, terkait konsep blue ekonominya. Mereka yang mau invest, sebenarnya return-nya lebih menguntungkan buat kita. Asalkan pemerintah melakukan kegiatan-kegiatan yang sesuai tujuan bondnya,” ujar Bambang.

Rencananya, dana dari blue bonds ini akan dikelola oleh pemerintah dan Bappenas sebagai kementerian yang menyiapkan programnya dan bekerja sama dengan kementerian-kementerian serta stake holder terkait. (BHR)

Komentar

News Feed