oleh

Rudiantara Sebut Google Sudah Bayar Pajak Sejak 2016

PMJ – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan bahwa Google telah membayar pajak sejak 2016. Rudiantara bahkan mengatakan bahwa Google jadi yang pertama bayar corporate tax di Indoneia.

“Google ada satu-satunya platform yang sudah membayar pajak sejak 2016. Google jadi yang pertama bayar corporate tax di Indoneia dan Google sudah menerapkan collecting payment dari orang Indonesia plus advertise dalam rupiah,” Terang Rudiantara di Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Sebelumnya, Kementerian Keuangan sedang merancang aturan untuk mewujudkan kesetaraaan pajak yang akan menarik pajak dari perusahaan digital luar negeri yang beroperasi di Indonesia. Dengan potensi penerimaan yang besar, pemerintah tengah menyiapkan Rancangan Undang-Undang (RUU) untuk bisa menarik pajak Google cs.

Dengan demikian, pemerintah akan memiliki payung hukum jelas untuk tata cara penarikan pajak perusahaan tersebut tanpa Badan Usaha Tetap (BUT). Aturan tersebut tentang ketentuan dan fasilitas perpajakan untuk penguatan perekonomian dan dalam RUU itu istilah BUT akan dihilangkan karena selama ini dianggap menyulitkan. (BHR)

Komentar

News Feed