oleh

Rasio Elektrifikasi Mencapai 98,83%, Jonan Apresiasi PLN

PMJ – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan berharap konsumsi listrik per kapita di tahun-tahun yang akan datang naik dari tahun ini. Jonan bahkan mengharapkan kenaikan mencapai dua kali lipat dari pertumbuhan ekonomi nasional.

“Naiknya itu kalau Pertumbuhan Ekonomi (PE) rata rata 5 persen. Maka bisa naik lebih 7 persen. Ya harusnya dua kali PE,” kata Jonan dalam Pameran Hari Listrik Nasional (HLN) ke-74 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (9/10/2019).

Jonan pun meminta PLN untuk lebih kreatif dalam mencapai target peningkatan konsumsi listrik nasional. “PLN saya harap, mayoritas penjual listrik kepada konsumen kan, ya harus lebih kreatif lah,” ungkapnya.

Salah satunya adalah dengan mendorong penggunaan kendaraan listri dan kompor listrik. “Misalnya, dorong kompor induksi. Atau kendaraan listrik. Kan ini, jadinya konsumsinya naik,” terang Jonan.

Namun Jonan mengapresiasi capaian rasio elektrifikasi yang hingga Oktober 2019 mencapai 98,83 persen. Tahun ini ditargetkan bisa 99 persen dan pencapaian tersebut melebihi Rencana Pemerintah Jangka Menengah Nasional (RPJMN) yang sebesar 97,6 persen.

“Harapanya rasio elektrifikasi tahun ini 99 persen, target Bappenas di RPJMN ‎97,5 persen jadi kita lebih jauh,” pungkas Jonan. (BHR)

Komentar

News Feed