oleh

Serangan Topan Hagibis Hantam Kepulauan di Jepang

PMJ – Topan Hagibis diperkirakan akan menghantam Jepang, di Kepulauan Mariana Utara dari Kyushu Shikoku, dan Honshu selama tiga hari pada hari Jumat (11/10/2019) hingga Minggu (13/10/2019).

Badan Meteorologi Jepang mengumumkan kepada masyarakat pada Selasa (08/10/2019) untuk bersiap dan mengantisipasi topan yang bergerak di jalur barat laut tersebut.

Menurut BMKG Jepang tersebut, Hagibis akan mendekati prefektur Kyoto dan Osaka mulai dari Jumat (11/10/2019) ini sebelum membelokkan ke arah utara, menghantam langsung wilayah prefektur Shizuoka, Kanagawa, Saitama, hingga prefektur Miyagi di hari Minggu (13/10/2019) pukul 03.00 dini hari.

Topan Hagibis serang pulau di Jepang. (Foto: Dok Net).

Menurut NASA, Hagibis perlu diperhatikan dengan sangat serius karena kecepatan angin dapat meningkat seperti pada 6-7 Oktober lalu, mengubahnya dari badai tropis biasa menjadi topan kategori 5, seperti topan Dorian yang menghantam Bahamas bulan lalu.

Sekedar informasi, dua topan Faxai dan Tapah juga menghantam Jepang bulan lalu, dengan kerusakan seperti pemadaman listrik di Prefektur Chiba dan tornado di Kyushu.

Ketiganya memiliki kategori topan berbahaya yang tinggi, dengan kecepatan perputaran pusar udara kurang lebih 118km/jam setiap tahunnya. (DEW/ FER)

Komentar

News Feed