oleh

10 Ribu Tim Gabungan Amankan Gereja, Perayaan Natal dan Tahun Baru

PMJ- Polda Metro Jaya meningkatkan jumlah gereja untuk diamankan saat perayaan Natal dan tahun baru 2020.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, pengamanan gereja bertambah menjadi 316 gereja di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Sebelumnya, polisi menyebut memprioritaskan pengamanan di 57 gereja.

“Sebanyak 1.558 gereja yang kita amankan di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Ada 316 yang menjadi skala prioritas (pengamanan) karena 4 gereja besar. Alasan kedua, ada gereja yang sebelahnya ada rumah ibadah lain, misalnya masjid,” kata Yusri di Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (24/12/2019).

Kombes Yusri mengungkapkan, polisi telah berkoordinasi dengan organisasi masyarakat dan anggota keamanan gereja untuk mengamankan perayaan natal.

“Organisasi agama, ormas pemuda sudah menyatakan iya (siap membantu pengamanan). Untuk di dalam pengamanan internal (gereja), bagaimana nanti memeriksa semua orang yang masuk ke dalam (gereja), kita kedepankan panitia dari gereja, TNI Polri hanya mendampingi saja. Tetapi sterilisasi tetap kita jalankan,” ujar Yusri.

Untuk diketahui, Polda Metro Jaya akan menurunkan sebanyak 10.000 personel gabungan untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 di wilayah Jakarta.

Polisi juga menyiapkan 95 pos pengamanan dan 27 pos pelayanan masyarakat di wilayah Polda Metro Jaya.

Polisi juga akan mengamankan 57 gereja yang berada di wilayah DKI Jakarta. Pengamanan gereja yang diprioritaskan/fokuskan itu yang berdekatan dengan tempat ibadah agama lain. (Fjr/Gtg-03).

Komentar

News Feed