oleh

Kiat Melindungi Diri Agar Terhindar dari Pelecehan Seksual

PMJ – Belakangan ini, kasus pelecehan seksual terhadap perempuan kian marak, mulai dari kasus begal bokong, payudara dan tindak asusila lainnya. Banyak kalangan masyarakat yang membincangan masalah ini.

Komnas Perempuan mencatat terdapat 17.088 kasus kekerasan seksual, 42 persen dari total kasus Kekerasan terhadap Perempuan (KtP) sejumlah 40.849. Artinya rata-rata setiap tahunnya terdapat 5.696 kasus kekerasan seksual.

Lebih jauh, dampak pelecehan seksual sebenarnya bisa menyebabkan trauma mental dan fisik pada korbannya. Biasanya berupa rasa malu, rasa tak berdaya, rasa tidak aman, dan rasa tersakiti.

Tentu kita menyadari bahwa kejahatan bisa terjadi bukan hanya niat dari pelaku, tapi karena adanya kesempatan. Begitu pula dengan pelecehan seksual. Karenanya, sebagai perempuan kita harus pintar menyiasati bagaimana melindungi diri.

Seperti dihimpun redaksi dari berbagai sumber, Rabu (22/1/2020), berikut beberapa kiat melindungi diri agar terhindar dari kasus pelecehan seksual.

1. Kenakan pakaian yang sopan

Sebelum bepergian, ada baiknya menyesuaikan pakaian yang kita gunakan. Sebisa gunakan pakaian yang tidak terlalu terbuka, ini merupakan langkah awal mencegah tindakan pelecehan seksual.

2. Pandai melihat situasi

Penting untuk selalu bersikap waspada saat berada di tempat umum. Jangan terlalu asyik bermain ponsel sampai lupa dengan keadaan sekitar. Pilihlah tempat khusus wanita, jika menggunakan transportasi umum.

3. Persenjatai diri

Untuk keamanan, selalu bawa barang-barang yang bisa digunakan untuk membela diri. Misalnya berupa semprotan cabai atau merica, alat kejut listrik atau pemantik api.

4. Usahakan tidak berjalan sendiri

Usahakan tidak berjalan sendirian ketika melewati tempat sepi dan gelap. Akan lebih aman jika kamu mencari ke jalan yang ramai dan familiar, itu bisa memperkecil kemungkinan wanita menjadi target kejahatan.

5. Teriak sekerasnya dan lari

Jika situasi tidak memungkinkan kamu mengkonfrontasi pelaku pelecehan secara langsung, maka langkah yang bisa diambil lari menghindarinya. Jika tidak bisa kabur, kamu bisa menarik perhatian orang sekitar dengan cara berteriak sekerasnya.(Fni/Hdi)

Komentar

News Feed