oleh

Benarkah Reinkarnasi Itu Hanya Mitos? Ini Hasil Riset Ilmuwan ……

PMJ – Saat beberapa ilmuwan tidak mempercayai soal reinkarnasi karena sebagai mitos, namun ada beberapa ahli di luar sana yang justru mempercayai bahwa reinkarnasi merupakan hal nyata.

Reinkarnasi pada umumnya adalah konsep religius yang menyiratkan bahwa setelah kematian seseorang, jiwa hingga pikiran, atau kesadaran mereka berpindah menuju terhadap suatu kelahiran baru.

Terdengar seperti hal yang tidak masuk akal, tetapi beberapa ilmuwan percaya bahwa hal itu merupakan hal yang nyata.

Ian Stevenson yang merupakan mantan Profesor Psikiatri dari Fakultas Kedokteran Universitas Virginia Amerika Serikat dan mantan Ketua Departemen Psikiatri dan Neurologi ini, meriset khusus untuk menemukan bukti reinkarnasi hingga kematiannya pada tahun 2007 silam.

Dr Stevenson mengklaim telah menemukan lebih dari 3.000 contoh reinkarnasi selama hidupnya, yang kemudian ia bagikan kepada komunitas kajian ilmiah.

Dalam sebuah penelitian berjudul “Birthmarks and Birth Defects Corresponding to Wounds on Deceased Person” , Dr Stevenson menggunakan pengenalan wajah untuk menganalisis kesamaan antara manusia dan yang diduga inkarnasi sebelumnya. Sementara itu ia juga mempelajari tanda lahirnya.

Dr Stevenson juga pernah mewawancarai tiga anak yang mengaku mengingat, aspek kehidupan mereka sebelumnya. Anak-anak membuat 30-40 pernyataan masing-masing mengenai ingatan yang tidak mereka alami sendiri, dan melalui verifikasi , ia menemukan hinga 92 persen dari pernyataan itu benar.

“Pernyataan subjek , diambil sebagai kelompok cukup spesifik sehingga mereka tidak bisa berhubungan dengan kehdupan orang lain.”

“ Kami percaya, telah mengecualikan transmisi normal informasi yang benar kepada subjek dan bahwa mereka memperoleh informasi yang benar yang mereka tunjukan tentang orang yang meninggal dengan beberapa proses seperti paranormal.” (IZA/ FER).

Komentar

News Feed