oleh

Menkes Pastikan Tak Ada WNI Terjangkit Virus Corona

PMJ – Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto memastikan hingga kini belum ada warga negara Indonesia positif terjangkit virus corona. Namun ia tak membantah jika ada pasien diduga terjangkit virus di beberapa rumah sakit.

Menurut Menkes Terawan, semua pasien yang diduga terjangkit corona masih dalam menanganan intensif. Bagaimanapun hasil pemeriksaan tersebut nantinya akan dikemukakan apa adanya.

“Sampai detik ini belum ada pasien yang positif. Kalau dirawat masih ada, tapi yang positif belum,” ujar Menkes Terawan di Istana Presiden, Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Menkes Terawan menjelaskan, beberapa pasien yang dirawat terduga terjangkit virus corona antara lain berada di Bandung, Cirebon Jambi dan Manado.

“Staf-staf saya sudah mendatangi mereka semua. Untuk di Manado masih dirawat, menunggu satu-dua hari hingga hasilnya keluar. Kalau pasiennya sih sudah tidak panas, tidak sesak, tapi kita tetap harus sesuai SOP,” tuturnya.

Menkes mengatakan, Kementerian Kesehatan sudah menyiapkan sejumlah lokasi yang dapat dipakai manakala dibutuhkan sebuah tempat isolasi khusus bagi pasien terjangkit virus corona.

“Di Jakarta, kita siapkan tiga rumah sakit, mulai dari RS Sulianti Saroso, RSPAD, RS Persahabatan yang punya chamber ketahanan negatif dan punya gedung-gedung untuk isolasi, satu gedung bisa mengisolasi 100-200 orang,” tukasnya.(Hdi)

Komentar

News Feed