oleh

Mantan Gubernur Aceh Dijebloskan ke Lapas Sukamiskin

PMJ – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengeksekusi mantan Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf. Eksekusi dilakukan berdasarkan salinan putusan kasasi Mahkamah Agung.

Terpidana kasus korupsi suap proyek yang bersumber dari Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) Tahun 2018 ini. Irawadi akan menghuni Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin Bandung.

“Jaksa Eksekusi KPK pada hari ini telah melaksanakan putusan Mahkamah Agung untuk terpidana Irwandi Yusuf (Gubernur Provinsi Aceh periode 2007-2012 dan 2017 sampai 2018) ke Lapas Sukamiskin Bandung,” jelas Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, Jumat (14/2/2020)

Irwandi akan menjalani masa tahanan sebagaimana putusan MA yang menolak kasasi jaksa penuntut umum dan terdakwa dengan memperbaiki putusan dari Pengdilan Tinggi Jakarta dari 8 tahun perjara menjadi 7 tahun perjara.

Sebelumnya, Pengadilan Tinggi DKI Jakarta memperberat vonis Irwandi menjadi 8 tahun penjara ditambah denda sebesar Rp300 juta subsider 3 bulan kurungan karena terbukti menerima suap sebesar Rp1,05 miliar dan gratifikasi senilai Rp8,7 miliar.

Putusan itu lebih tinggi dibanding vonis pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta pada 8 April 2019, yang menjatuhkan vonis 7 tahun penjara ditambah denda Rp300 juta subsider 3 bulan kurungan.

Atas putusan itu, Irwandi dan jaksa penuntut umum (JPU) KPK sama-sama menyatakan banding.

Komentar

News Feed