oleh

Hoax! Kabar Penyemprotan Disinfektan Dosis Tingkat 1 Melalui Udara di DKI Jakarta

PMJ- Ditengah pemerintah dan isntansinya bekerja keras mencegah penyebaran virus corona atau covid-19, masih ada saja pihak-pihak tak bertanggung jawab yang menyebarkan informasi sesat alias hoax kepada masyarakat luas.

Terbaru adalah informasi dari Kominfo yang meminta warga DKI dilarang bepergian keluyar rumah karena ada penyemprotan disinfektan dengan dosis tingkat 1. Bunyi pesan tersebut tersiar seperti dibawah ini.

“Untuk seluruh warga DKI JAKARTA Pada tanggal 19 Maret 2020 Pukul 14.30 s/d 22.00 wib, dilarang untuk berpergian keluar rumah menggunakan kendaraan roda 2 (dua) dan berjalan kaki. Dikarenakan akan ada pencegahan CONVID-19 dengan penyemprotan Disinfektan dosis tingkat 1 melalui udara yang dapat alergi pada kulit dan gangguan pernafasan. Sebagai langkah ini kami pihak Pemerintah akan bekerja sama dengan kepolisian lalu lintas untung pengaturan kendaraan,”bunyi pesan tersebut dengan mencantumkan hamper seluruh jalan di Jakarta yang tersebar, Kamis (19/3/2020).

Kabar yang beredar luas telah dibantah tegas. (Foto : PMJ/Ist).

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo juga mengungkapkan, bahwa informasi tersebut tidak benar alias hoax. Ia juga meluruskan informasi yang sebenarnya.

“Secara umum pelaksanaan penyemprotan di jalan TIDAK BENAR, Melainkan dari Dishub DKI akan melaksanakan penyemprotan disinfektan Hanya pada halte-halte dan terminal. (Penyampaian Kadishub DKI). Demikian info yang kami terima ya,” ungkap Sambodo.

Sebelumnya pihak kepolisian telah mengingatkan, agar tidak ada penyebaran hoax terkait isu virus corona yang meresahkan warga. Jika itu terjadi, polisi akan mengejar pelakunya. Sampai saat ini beberapa pelaku penyebar hoax soal virus corona masih dalam pengejaran. (Gtg-03).

Komentar

News Feed