oleh

Amankah Layanan Pesan Antar Saat Pandemi Corona?

PMJ – Menyusul tingginya penyebaran wabah virus corona, setiap negara mengimbau warganya untuk tinggal dirumah sementara waktu. Seiring pemberlakuan kebijakan ini, layanan pesan antar menjadi pilihan kebayakan masyarakat.

Namun dibalik maraknya layanan ini, tak sedikit dari mereka yang penasaran mengenai keamanan pesan-antar makanan ke rumah, baik dari restoran maupun toko kelontong.

Layanan pengiriman makanan populer di AS seperti Doordash, Uber Eats, Grubhub dan Postmates hingga saat ini dilaporkan masih beroperasi. Melalui layanan ini, pelanggan dapat memesan produk, mengakses berbagai restoran dan toko-toko lainnya.

Meskipun ini akan membantu orang berpartisipasi dalam menjaga jarak sosial, mereka tetap harus mengambil tindakan pencegahan soal keamanan. Beberapa perusahaan telah mulai menerapkan opsi pengiriman tanpa kontak.

Sejumlah layanan juga telah memungkinkan pelanggan untuk memberikan instruksi kepada pengantar, seperti bertemu di pinggir jalan atau cukup meletakkan makanan di pintu depan rumah mereka.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), Administrasi Makanan dan Obat-obatan (FDA), serta seluruh pejabat AS mengatakan, belum ditemukan bukti bahwa virus corona jenis baru dapat ditularkan melalui makanan.

Kendati begitu, virus corona jenis baru mungkin dapat tetap menempel di permukaan benda selama beberapa hari.

Menurut Baltimore Leanan Wen, dokter dan profesor di bidang kesehatan masyarakat di George Washington University mengatakan, virus ini dapat hidup di instrumen yang sering disentuh orang, termasuk wadah bungkus makanan dan peralatan untuk makan.

“Oleh karena itu, orang harus mencuci tangan setelah menyentuh barang dan sebelum makan atau menyentuh wajah,” kata Wen seperti dilansir laman Fox News, Selasa (26/3/2020).(Hdi)

Komentar

News Feed