oleh

BNN: 86 Jenis Narkoba Masuk ke Indonesia Selama 2020

PMJ – Badan Narkotika Nasional (BNN) menyebut setidaknya ada 86 jenis narkoba yang telah masuk ke Indonesia sepanjang 2020. Penyataan tersebut disampaikan Deputi Bidang Pemberantasan BNN, Irjen Arman Depari.

Salah satu narkoba jenis baru yang masuk ke Indonesia bernama Dimetiltriptamina. Narkotika itu merupakan jenis alami yang berasal dari tumbuh-tumbuhan berbentuk serpihan kulit. Barang itu banyak ditemukan di Hutan Amazon, Brazil

“Sampai sekarang, saya sampaikan saat ini ada 86 yang ditemukan di Indonesia,” ujar Irjen Arman Depari di Kantor BNN, Jakarta Timur, Jumat (3/7/2020).

Dari 86 jenis narkoba baru tersebut, kata Arman, 74 jenis diantaranya sudah masuk dalam lampiran Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

“74 diantaranya sudah dimasukan ke dalam UU Narkotika nomor 35,” tandasnya.

Disisi lain, Arman mengatakan bahwa dalam situasi pandemi virus corona justru banyak dimanfaatkan oleh para bandar narkoba dalam melakukan transaksi peredaran barang haram tersebut.

Kerena itu, Arman meminta agar masyarakat tetap mewaspadai lingkungan sekitar jangan sampai ada tindak penyalahgunaan narkoba. Pasalnya peredaran narkoba terus meningkat meskipun sedang menghadapi Pandemi Covid-19.

“Ini mungkin perhatian kita semua, ternyata di tengah pandemi covid sekarang peredaran dan penyalahgunaan narkoba tetap meningkat, dan justru para sindikat memanfaatkan situasi seperti sekarang ini,” tuturnya.

“Kami imbau ke masyarakat dan kita seluruhnya tidak kendurkan kewaspadaan untuk pastikan lingkungan kita dan keluarga kita bebas dari narkoba,” tukasnya.(Hdi)

Komentar

News Feed