oleh

67 Adegan Diperagakan Dalam Rekonstruksi Kasus John Kei

PMJ – Polda Metro Jaya selesai melaksanakan kegiatan rekonstruksi kasus penyerangan yang dilakukan kelompok John Kei kepada pamannya, Nus Kei. Rekonstruksi untuk melengkapi berita acara pemeriksaan.

Rekonstruksi digelar di lima TKP yang terdiri dari tiga TKP di Kelapa Gading, kemudian di Arcici Sport Center, Cempaka Putih, dan di Perumahan Tytyan Indah, Kota Bekasi. Sedangkan dua dua TKP lainnya dilaksanakan di Polda Metro Jaya.

Secara total sebanyak 67 adegan rekontruksi diperagakan kelompok John Kei. Seluruh adegan itu dilakukan oleh 37 tersangka yang salah satunya terdapat John Kei.

John Kei saat rekonstruksi di rumahnya di Perumahan Taman Tytyan Indah, Kota Bekasi (Foto: PMJ News/Fjr)

“Jika kami bandingkan dengan pra rekonstruksi, ada beberapa penambahan. Ada temuan baru dan pengembangan,” ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus kepada awak media, Senin (6/7/2020) malam.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya AKBP Jean Calvijn Simanjuntak membeberkan secara garis besar terkait kasus tersebut.

Pada 14 Juni 2020 di Kelapa Gading, Jakarta Utara John Kei mengadakan pertemuan dengan anak buahnya Daniel Farfar. Dalam pertemuan itu John Kei memberikan uang sejumlah Rp 10 juta untuk membeli senjata tajam dan mengumpulkan masa.

Polisi menggelar rekonstruksi kasus penyerangan kelompok John Kei (Foto: PMJ News/Fjr)

Selanjutnya, kata Calvijn, tersangka Daniel Farfar menyuruh anak buah bernama Franklin Resmol untuk mengajak 34 orang lainnya. Dalam pengakuannya itu, Franklin juga yang membelanjakan uang Rp10 juta untuk membeli pipa yang diubah menjadi tombak.

Selain itu, Daniel dan Franklin yang menyiapkan 6 mobil untuk melakukan penyerangan. Sebanyak 1 mobil dikerahkan ke Kosambi, Jakarta Barat, dan 5 mobil menuju Perumahan Green Lake City Cipondoh, Kota Tangerang.

“Tiga TKP digunakan oleh aktor intelektual melakukan pembicaraan, pemufakatan, dan persiapan melakukan perencanaan sehingga korban meninggal dunia,” kata Wakil Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya AKBP Jean Calvijn Simanjuntak.

John Kei saat rekonstruksi di rumahnya di Perumahan Taman Tytyan Indah, Kota Bekasi (Foto: PMJ News/Fjr)

Sampai saat ini pihak kepolisian sudah mengamankan 37 tersangka terkait kasus tersebut. Pihak kepolisian juga sampai saat ini masih melakukan pengejaran kepada 8 orang lainnya.

Atas perbuatannya, para pelaku penyerangan ini dijerat dengan pasal berlapis, antara lain Pasal 88 KUHP terkait pemufakatan jahat, Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana, Pasal 351 KUHP tentang penganiayaan, Pasal 170 KUHP tentang perusakan, dan UU Darurat 12 tahun 51 tentang kepemilikan senjata api.(Fjr/Hdi)

Komentar

News Feed