oleh

KPU Pastikan Pasien Covid-19 Tetap Miliki Hak Pilih di Pilkada Serentak

PMJ – Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan seluruh rakyat Indonesia mempunyai hak sama untuk mengikuti Pilkada Serentak. Pesta demokrasi daerah ini rencana akan berlangsung 9 Desember 2020.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman menjamin hak pilih para pasien positif Covid-19 yang sedang dirawat di rumah sakit dan yang sedang menjalani isolasi mandiri.

Menurut Arief, mereka harus menggunakan hak pilihnya karena satu suara sangat berharga dalam menentukan kemajuan suatu daerah. Ia berharap Pilkada 2020 bisa diselenggarakan tepat waktu, lancar, damai, dan yang terpenting demokrasinya berkualitas.

“Demokrasinya harus berkualitas, semua pihak ikut memberikan dukungan kepada penyelenggara pemilu agar ini bisa terselenggara dengan lancar,” ungkap Arief dalam sebuah diskusi virtual, Rabu (29/7/2020).

Khusus untuk pasien positif Covid-19, kata Arief, harus dilayani KPU dalam Pilkada. Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) akan mendatangi warga yang tidak bisa datang ke TPS agar tetap bisa menggunakan hak pilihnya.

Bila pasien dirawat di RS, petugas KPPS akan mendatangi RS tersebut dan membawa kotak suara sehingga pasien tetap bisa memilih calon pemimpin terbaiknya.

“Untuk mereka yang dibuktikan secara resmi, memang harus melakukan isolasi mandiri atau dirawat di RS karena positif (Covid-19), di regulasi kita, mereka akan dilayani di tempat mereka dirawat,” tukasnya.(Hdi)

Komentar

News Feed