oleh

Kemenhub Prediksi Puncak Arus Balik Terjadi Besok

PMJ – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan menyebut sejumlah titik mengalami kepadatan lalu lintas pada pada libur panjang Hari Raya Idul Adha.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi mengatakan, terjadi peningkatan lalu lintas volume kendaraan dari Jakarta ke arah Jawa Tengah dibandingkan lalu lintas di hari biasa.

Hal ini berdasarkan pemantauan kenaikan volume lalu lintas di Gerbang Tol Palimanan pada Jumat, 31 Juli 2020 dini hari pukul 03.00 WIB. Kepadatan arus lalu lintas ini dialami sejumlah tol antara lain Gerbang Tol Cikampek Utama, Kalihurip Utama, Cikupa, dan Ciawi.

Sedangkan pada arah sebaliknya, kepadatan kendaraan menuju gerbang masuk Jakarta juga mengalami kenaikan sebesar 16-18%, terpantau melalui keempat gerbang tol yang sama.

Sementara itu, data terbaru di Gerbang Tol Cikampek Utama per 30 Juli 2020 kemarin diperkirakan sebanyak 55.000 kendaraan melintas. Volume kendaraan ini meningkat hingga 100% dari hari biasanya yang sekitar 27 ribu kendaraan.

“Di Tol Cikampek Utama pergerakan masyarakat ke luar Jakarta tanggal 30 kemarin ada 55 ribu atau naik 100%. Di kondisi normal itu pergerakan sekitar 27.000,” ungkap Budi dalam keterangannya, Sabtu (1/8/2020).

Pada kesempatan tersebut, Budi berharap agar masyarakat menghindari perjalanan pulang pada Minggu, 2 Agustus 2020 mendatang. Pasalnya, puncak arus balik akan mengalami lonjakan kendaraan baik menuju maupun dari arah Jakarta.

“Dalam kondisi seperti ini untuk menghindari kemacetan di hari Minggu. Saya mengimbau masyarakat yang bepergian ke Jawa Tengah dan Jawa Timur untuk kembali lebih cepat agar menghindari kemacetan,” tukasnya.(Hdi)

Komentar

News Feed