oleh

Intip Tim Khusus Polres Jakbar Ikuti Latihan Peningkatan Kemampuan

PMJ – Sebagai team elit ( Team Khusus Anti Kejahatan Jalanan) Polres Metro Jakarta Barat yang menjadi garda terdepan dalam menciptakan situasi kamtibmas di wilayah hukum Polres Metro Jakarta Barat yang kondusif.

Dan, juga dalam menghadapi tantangan atau resiko kejahatan yang semakin kompleks, maka team khusus Polres Jakbar dituntut kemahiran dan profesional masing-masing personel.

Sebanyak 58 anggota Team Khusus Polres Metro Jakarta Barat mendapat pelatihan pembekalan materi peningkatan kemampuan di SPN Lido Bogor Jawa Barat.

Team Khusus Polres Metro Jakarta Barat mendapat pelatihan pembekalan materi. (Foto: PMJ News).

Yang mana instruktur dari team Gegana ( unit Jibom) Polda Metro Jaya yang dibagi menjadi dua gelombang latihan dengan total latihan selama satu bulan baik di SPN Lido maupun di Detasemen Gegana Pasar Minggu.

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Audie S Latuheru – saat pembukaan pelatihan peningkatan kemampuan team khusus – mengatakan pelatihan ini merupakan kesiapan awal untuk menghadapi tantangan permasalahan keamanan di wilayah hukum Polres Metro Jakarta Barat.

Yang mana tantangan keamanan yang terjadi di Jakarta Barat meliputi berbagai macam tindak kejahatan yang bervariasi. Seperti, perampokan, tawuran, kejahatan jalanan maupun yang lainnya.

Team Khusus Polres Metro Jakarta Barat mendapat pelatihan pembekalan materi. (Foto: PMJ News).

“Pelatihan team khusus ini dibekali dengan berbagai kemampuan sebagai bekal penambahan pengalaman dari masing-masing anggota polri untuk kesiapan dalam menghadapi tantangan permasalahan keamanan di Jakarta Barat,” ujar Kombes Pol Audie S Latuheru, Kamis (13/8/2020).

Pelatihan ini merupakan sebagai dasar SOP tindakan anggota di lapangan agar bertindak secara profesional dan tidak menyalahi aturan.

Karena itu, team khusus Polres Metro Jakarta Barat ini dilatih secara khusus yang dibekali berbagai kemampuan yang dilatih oleh tenaga ahli yang sudah memiliki kemampuan khusus yaitu dari instruktur team gegana ( jihandak) Polda Metro Jaya.

Team Khusus Polres Metro Jakarta Barat mendapat pelatihan pembekalan materi. (Foto: PMJ News).

“Diharapkan dengan adanya pelatihan khusus ini team khusus Polres Metro Jakarta Barat memiliki kepercayaan diri dalam bertindak dilapangan sehingga tidak ragu ragu dalam bertindak,” lanjut Audie.

Ke depannya sebagai aparat penegak hukum tentunya akan menghadapi tantangan tugas yang semakin berat baik dari pelayanan masyarakat maupun penegakan hukum. Selain itu, juga berbagai bentuk kejahatan semakin waktu semakin bervariatif

“Team khusus ini dibentuk dan dilatih secara khusus. Team ini secara operasional akan dikedepankan dan dipakai baik untuk pelayanan masyarakat, memperkuat fungsi Satuan Narkoba maupun Reserse Kriminal,” katanya.

Sementara dalam kesempatan yang sama, Kasat Samapta Polres Metro Jakarta Barat AKBP Agus Rizal mengatakan, team khusus Polres Metro Jakarta Barat ini dilatih dan ditempa secara khusus selama 1 bulan baik di SPN Lido maupun di markas Gegana Pasar Minggu.

Team Khusus Polres Metro Jakarta Barat mendapat pelatihan pembekalan materi. (Foto: PMJ News).

Adapun kegiatan pelatihan khusus ini dibagi dari berbagai sesion diantaranya pengenalan handak ( bahan peledak ), pengenalan bom, tptkp bom, pengenalan alsus jibom, penguasaan senjata sekunder, pengenalan senjata dan praktek antisipasi ancaman

“Team Khusus Polres Metro Jakarta Barat juga dibekali berbagai kemampuan lainnya seperti zeroing senjata, menembak reaksi ditempat, menembak reaksi berjalan, menembak mode tank, menembak dengan baricade, CQB (penyerangan jarak dekat), rappeling, pengenalan water rescue, renang statis hingga pengetahuan cara pertolongan di air,” paparnya menambahkan.

Dalam acara pembukaan pelatihan team khusus ini turut hadir Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Audie S Latuheru, SIK, Kabag Ops Polres Metro Jakarta Barat AKBP Ach Imam Rifai, SIK, Kabag Sumda Polres Metro Jakarta Barat Akbp Widiastuti, Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat Kompol Ronaldo Maradona Siregar, SIK, Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat Kompol Teuku Arsya Khadafi, SIK, pejabat utama Polres Metro Jakarta Barat, instruktur Gegana Jihandak Polda Metro Jaya, dan personel team khusus Polres Metro Jakarta Barat. (FER).

Komentar

News Feed