oleh

Mirip Zona Perang, Kerusuhan Terjadi di Kota Paris

PMJ – Kerusuhan terjadi di kota Paris, Prancis, pada Minggu (23/8/2020) malam waktu setempat atau Rabu (24/8/2020) pagi WIB, setelah klub Paris Saint-Germain (PSG) kalah di final Liga Champions Eropa. Kota Paris pun mirip zona perang.

Tembakan gas air mata dan tongkat pemukul digunakan oleh polisi Prancis terhadap ribuan fans PSG menyusul kekalahan 1-0 dari Bayern Munchen. Walaupun ibu kota Prancis masih berstatus zona merah Covid-19, ribuan orang justru berkumpul di sekitar Parc de Princes yang merupakan markas PSG, dan di Champs Elysee.

“Kerusuhan dimulai saat injury time,” ungkap seorang penggemar PSG. “Polisi anti huru hara keluar, dan mereka (fans) langsung diserang ketika PSG kalah.”

Fans PSG. (Foto: PMJ/ Dok Net)

Saat diwawancarai oleh media Prancis, fans PSG itu mengungkapkan, puluhan gas air mata dilemparkan polisi ke arah penggemar PSG, yang kemudian dibalas dengan tembakan kembang api dan petasan.

Video kerusuhan antara fans PSG dengan polisi Prancis diposting di Twitter yang menampilkan tempat berkumpul di sekitar Parc de Princes tampak dan terdengar seperti zona perang.

Polisi Prancis menangkap sejumlah fans PSG yang anarkis. (Foto: PMJ/ Dok Net)

Terlihat sebuah kendaraan polisi berwarna putih juga diserang oleh sekelompok kecil massa (fans PSG) anarkis, lalu mendorong mobil polisi itu untuk dihancurkan.

Polisi anti huru hara juga terlibat dalam bentrokan dengan geng pemuda (fans PSG) di sisi kota Paris, termasuk kafe yang penuh sesak oleh pecinta klub PSG, tempat penangkapan dilakukan.

Polisi anti hura hara Prancis mengamankan kerusuhan di kota Paris. (Foto: PMJ/ Dok Net)

Para fans PSG juga berkerumun di jalan yang padat sambil mengibarkan bendera dan syal PSG, dan memaksa lalu lintas untuk berhenti sejenak.

Terpisah, Menteri Dalam Negeri Prancis Gerald Darmanin mengatakan di Twitter, lebih dari 200 orang ditangkap polisi karena tidak mengenakan masker saat nonton bareng di Parc des Princes di barat kota Paris. (Sumber: Daily Miror/ Fer)

Komentar

News Feed