oleh

Sempat Berpikir Kematian, Penyanyi Lawas Iis Sugianto Sembuh dari Covid-19

PMJ – Tak banyak yang tahu penyanyi lawas Iis Sugianto pernah mengidap positif Covid-19. Kabar ini baru terungkap setelah Iis bercerita tentang kesembuhannya di kanal YouTube miliknya. Di video yang diunggahnya, Iis menyampaikan pesan penting untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Iis kini sudah dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan selama 3 minggu di rumah sakit. Di Akun YouTube Iis Sugianto New, pelantun tembang Jangan Sakiti Hatinya itu menceritakan awal dirinya divonis positif Covid-19.

Semula, dia alami demam yang naik-turun hingga memutuskan memeriksakan diri ke dokter. Di situ, Iis didiagnosa mengidap penyakit tifus atau tipes. Namun setelah rutin minum obat dari dokter, kondisinya tak juga berubah hingga suhu tubuhnya mencapai 38 derajat celcius.

Penyanyi lawas Iis Sugianto dinyatakan sembuh dari virus Corona. (Foto: PMJ News/Youtube Iis Sugianto)

Khawatir makin parah, Iis Sugianto memeriksakan diri di rumah sakit dan minta dirawat. Diagnosa masih sama: tifus. Hasil tes rapid menunjukkan dirinya negatif Covid-19. Sehari dirawat, Iis disarankan untuk jalani tes swab. Baru setelah itu, dirinya dinyatakan positif Covid-19.

Iis sempat shock. Dia tak menyangka jadi salah satu warga negara Indonesia yang positif terpapar virus tersebut. Hari itu juga, Iis dipindahkan ke rumah sakit yang menangani pasien Covid-19.

“Yang ada di pikiran saya pada saat itu adalah anak-anak. Saya dalam keadaan yang 50 persen saya sembuh, 50 persen ini lah akhir hidup saya,” kata Iis Sugianto.

Menurut Iis, ketika divonis positif Covid-19, dia sempat mengalami demam dan tak nafsu makan akibat tak indra pengecapnya tak berfungsi dengan baik. “Tapi penciuman saya masih bisa,” ujarnya.

Perempuan berusia 58 tahun ini belum bisa memastikan darimana dirinya tertular. Ia menduga terpapar Covid-19 ketika manggung di sebuah acara. Sebab, hanya di situ dia melepas masker.

Iis pun berpesan kepada masyarakat Indonesia agar jauhi keramaian dulu sebelum pandemi Covid-19 benar-benar mereda. Kata dia, jangan sampai menyesal di kemudian hari.

“Kalau Anda menyayangi diri sendiri, keluarga, pakai lah masker. Ada dokter yang pernah bilang, kalau Anda memakai masker, Anda pahlawan untuk diri Anda dan sekeliling Anda,” ujarnya.(Hdi)

Komentar

News Feed