oleh

Yoshihide Suga Terpilih Sebagai PM Jepang

PMJ – Yoshihide Suga resmi terpilih sebagai Perdana Menteri (PM) Jepang dalam voting di majelis rendah parlemen pada Rabu (16/9/2020). Ia menggantikan Shinzo Abe yang mengundurkan diri beberapa waktu lalu.

Suga, 71, sejak lama menjadi tangan kanan Abe. Suga berjanji melanjutkan berbagai program Abe, termasuk strategi ekonomi Abenomics dan melakukan reformasi struktural, termasuk deregulasi dan perampingan birokrasi.

Suga meraih 314 suara dari total 462 suara yang divoting anggota majelis rendah parlemen Jepang. Majelis tinggi juga diperkirakan memilih Suga karena dikuasai partai berkuasa.

Suga menang dalam pemilihan ketua Partai Liberal Demokrat (LDP) pada Senin (14/9). Dia kini harus menghadapi berbagai tantangan, termasuk mengatasi pandemi Covid-19, menghidupkan kembali ekonomi dan mengatasi penuaan populasi.

Dengan pengalaman diplomasi langsung yang sedikit, Suga harus menghadapi pertarungan Amerika Serikat (AS) dan China, membangun hubungan dengan pemenang pemilu presiden AS 3 November dan menjaga hubungan Jepang dan China sesuai jalur.

Media lokal menyatakan hampir setengah dari kabinet baru akan diisi orang-orang dari kabinet Abe. Hanya ada dua wanita dan usia rata-rata, termasuk Suga, adalah 60 tahun.

Mereka yang diperkirakan mempertahankan posisi adalah Menteri Keuangan Taro Asoa dan Menteri Luar Negeri Toshimitsu Motegi, Menteri Olimpiade Seiko Hashimoto dan Menteri Lingkungan Shinjiro Koizumi, termuda dengan umur 39 tahun.(Hdi)

Komentar

News Feed