oleh

Berapa Lama Virus Corona Bertahan di Dalam Tubuh?

PMJ ā€“ Virus Corona masih merajalela. Jumlah pasien yang terpapar virus ini terus bertambah. Berbagai gejala atau tanpa gejala muncul dari pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19. Pasien sembuh dan meninggal pun silih berganti. Sebenarnya berapa lama virus Corona ini bertahan di dalam tubuh manusia?

Dari hasil penelitian yang dilakukan para peneliti di China menunjukkan bahwa virus Corona bisa bertahan di dalam tubuh seseorang yang terinfeksi rata-rata 20 hari. Namun, virus Corona juga disebut bisa bertahan selama 37 hari atau sekitar 5 minggu lamanya.

Penelitian ini dilakukan terhadap 191 pasien Corona. Termasuk 54 pasien meninggal yang dirawat di Rumah Sakit Jinyintan dan Rumah Sakit Paru Wuhan.

“Dalam penelitian ini, kami menemukan bahwa RNA SARS-CoV-2 yang terdeteksi bisa bertahan dalam waktu rata-rata 20 hari,” tulis penelitian tersebut, dikutip dari Fox News.

Para peneliti juga menemukan perbandingan dengan mendeteksi jumlah virus atau viral load dari spesimen pernapasan, pada sekitar sepertiga pasien Corona, selama 4 minggu usai penyakit muncul.

Berapa lama masa berkembangnya gejala Corona?

Dikutip dari The Sun, pada pasien dengan gejala infeksi yang parah, gejala sesak napas sering dialami selama 7-10 hari. Rata-rata dari mereka yang mengalami gejala ini, akan diarahkan untuk perawatan intensif pada hari ke-10.

Menurut peneliti di China, gejala awal  Covid-19 bisa berkembang sekitar 18-22 hari, jika mereka berhasil melalui masa perawatan intensif.(Ety-02)

Komentar

News Feed