oleh

Di Tengah Pandemi, Ini Aturan Baru UEFA Dalam Laga Sepakbola

PMJ – Pihak Otoritas Sepakbola Eropa (UEFA) mengonfirmasi setiap klub diperbolehkan untuk melakukan lima pergantian pemain untuk musim kompetisi Eropa 2020/21 ini.

Sebelumnya anggota UEFA melakukan pertemuan pada Kamis (24/9/2020) waktu setempat, untuk menyelesaikan berbagai masalah yang mungkin terjadi di tahun 2020 dan 2021. Persiapan ekstra dibutuhkan mengingat musim baru ini tetap berlangsung di tengah pandemi Covid-19 yang belum tuntas.

Salah satu keputusan terbesar yang dikeluarkan yaitu tetap mempertahankan format lima pergantian pemain dalam satu pertandingan.

Sebelumnya, aturan maksimal 5 pergantian pemain bagi masing-masing klub telah diberlakukan selepas restart kompetisi akibat pandemi virus Covid-19.

Aturan awal dibuat oleh Dewan Asosiasi Sepakbola Internasional (IFAB) pada Mei 2020. Aturan ini kemudian sempat diperpanjang hingga Agustus 2021.

Jelang musim kompetisi baru, beberapa pihak penyelenggara seperti Liga Utama Inggris (EPL) memutuskan untuk mengembalikan format pergantian pemain ke tiga pergantian.

Namun UEFA mengambil sikap untuk senada dengan keputusan yang dibuat IFAB karena lima pergantian bisa meringankan beban pemain saat menjalani kompetisi di tengah pandemi Covid-19.

“Izin lima pergantian pemain tetap dipertahankan untuk meringankan beban pemain dan tim karena jadwal pertandingan internasional yang padat pada kalender 2020/2021 akibat pandemi Covid-19,” demikian pernyataan resmi UEFA.

“Langkah ini dilakukan untuk memulihkan jadwal yang tertunda karena pembatalan pertandingan internasional Maret 2020 dan penundaan Piala Eropa 2020,” terang UEFA.

Peraturan lima pergantian pemain ini tentunya akan diterapkan di Liga Champions dan Liga Europa. Selain itu, forma tersebut juga akan berlaku di turnamen yang digelar UEFA lainnya pada musim ini, yakni playoff kualifikasi Piala Eropa 2021, kualifikasi Piala Eropa Wanita, fase grup UEFA Nations League, dan Liga Champions Wanita.

Tak hanya itu, UEFA juga telah mencapai kesepakatan dengan Asosiasi Klub Eropa dan operator liga-liga di Eropa supaya memperpanjang masa pertandingan internasional pada Maret dan September 2021, yang memungkinkan setiap tim nasional untuk menjalani tiga laga, bukan dua. (Sumber: Goal/ Fer).

Komentar

News Feed