oleh

Gelar Simulasi, KPU Siapkan Mekanisme Pemungutan Suara Saat Pandemi

PMJ – Meskipun penambahan kasus Covid-19 belum mereda, Komisi Pemilihan Umum (KPU) tetap akan menggelar sejumlah simulasi Pilkada 2020. Simulasi dimaksudkan untuk mempersiapkan mekanisme pemungutan suara di tengah pandemi Covid-19.

“Kita sudah menyelenggarakan kelima kali, yang terakhir di Magelang. Kita menyelenggarakan simulasi dengan menjalankan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19 ini,” ungkap Komisioner KPU Evi Novida Ginting dalam diskusi daring, Rabu (14/10/2020).

Menurut dia, simulasi pilkada yang digelar di antaranya simulasi pemungutan suara dan dua simulasi penerapan sistem rekapitulasi elektronik. Simulasi digelar dua kali di Kantor KPU Jakarta pada 22 Juli dan 25 Agustus 2020.

Komisioner KPU RI, Evi Novida Ginting. (Foto: PMJ News/Dok Net)

Ketiga, simulasi pemungutan suara di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Kemudian simulasi pemungutan suara di Tangerang Selatan. Terakhir, pada 17 September, KPU kembali menggelar simulasi sirekap untuk kedua kalinya di Kota Depok.

Sebelumnya, Pelaksana harian (Plh) Ketua KPU RI Ilham Saputra menyebut melalui simulasi ini juga untuk mencari masukan dan evaluasi atas persoalan yang potensial muncul di TPS pada hari pemungutan suara yang diperkirakan masih dalam kondisi pandemi.

“Kita sedang mencari format ideal terhadap pelaksanaan pemungutan suara di masa pandemi,” jelas Ilham Saputra saat membuka kegiatan simulasi beberapa waktu lalu.(Hdi)

Komentar

News Feed