oleh

Menlu Austria dan Belgia Positif Covid-19 Seusai Pertemuan UE

PMJ – Menteri Luar Negeri Austria dan Belgia dinyatakan positif Covid-19. Keduanya dipastikan terpapar setelah menghadiri pertemuan Uni Eropa (UE) yang berlangsung awal pekan ini di Luksemburg.

Kementerian Luar Negeri Austria menuturkan bahwa Menlu Austria Alexander Schallenberg dan Menlu Belgia, Sophie Wilmes duduk bersebelahan selama sarapan bersama pada pertemuan Dewan Urusan Luar Negeri UE.

“Diduga Schallenberg mungkin telah terinfeksi di Dewan Urusan Luar Negeri di Luxembourg pada Senin. Dia tidak memiliki gejala dan telah menjalani tes sebagai tindakan rutin,” demikian pernyataan kementerian, seperti dilansir Reuters pada Minggu (18/10/2020).

Menurut Kemlu Austria, di sela-sela pertemuan UE, Schallenberg sempat melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Irlandia, Simon Coveney.

“Tetapi, langkah-langkah jarak sosial telah diterapkan dan Irlandia telah diberitahu tentang tes positifnya,” imbuh pernyataan tersebut.

Sementara Wilmes, melalui akun Twitternya mengatakan telah dites positif Covid-19, sehari setelah melakukan isolasi mandiri, setelah menunjukan sejumlah gejala virus tersebut.

“Kontaminasi mungkin terjadi dalam lingkungan keluarga, saya mengingat tindakan pencegahan yang dilakukan di luar rumah saya,” tulisnya di Twitter tanpa tidak menyebut kapan dia terinfeksi.(Hdi)

Komentar

News Feed