test

Kesehatan

Minggu, 18 Oktober 2020 11:04 WIB

Hindari, 5 Kebiasaan Buruk di Akhir Pekan Ini Bisa Bikin Gemuk Lho..

Editor: Hadi Ismanto

Lima kebiasaan buruk saat akhir pekan bisa menaikan berat bandan.(Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ - Tidak sedikit orang yang memanfaatkan libur akhir pekan untuk bersantai di rumah. Hal ini dinilai wajar karena mereka telah menghabiskan waktu kerja yang membuat penat, sehingga butuh refreshing.

Namun, terkadang saat libur seseorang justru lupa diri. Kebiasaan buruk yang tak disadari justru dilakukan saat akhir pekan. Alhasil, ukuran pinggang pun semakin melar.

Seperti dilansir berbagai sumber, Minggu (18/7/2020), ini kebiasaan buruk yang wajib dihindari apabila tak ingin berat badan kamu semakin bertambah.

1. Terlalu banyak asupan karbohidrat

Saat akhir pekan di rumah, ada kalanya kita lupa diri dengan banyak makan yang mengandung karbohidrad. Padahal asupan karbohidrat terlalu tinggi bakal membuat pinggang makin melar.

"Saat kita mengonsumsi karbohidrat, glukosa ditarik ke otot untuk cadangan bahan bakar yang dikenal sebagai glikogen. Namun ketika glukosa ditarik masuk, begitu pula air," ungkap ahli gizi Gisela Bouvier seperti dilansir laman Eat This, Not That!.

"Asupan karbohidrat yang meningkat selama akhir pekan dapat menambah bobot pada skala Senin pagi, berkat tambahan berat air," sambungnya.

2. Tak berolahraga

Sebaiknya tetap melakukan olahraga saat akhir pekan. Menurut Bouvier, tidak adanya aktifitas yang menghasilkan keringat di akhir pekan bisa jadi akan ada kenaikan berat badan pada Senin pagi.

"Sesi keringat di akhir pekan membantu menurunkan berat air berlebih, sementara pada saat yang sama juga membantu membuat pilihan makanan yang lebih baik," tuturnya.

3. Terlalu banyak atau kurang tidur

Meski akhir pekan, sebaiknya tetap berikan porsi tidur selama 7-8 jam. Kualitas tidur mempengaruhi berat badan. Jika Anda begadang atau terlalu banyak tidur di akhir pekan, siap-siap saja untuk berat badan ekstra di hari berikutnya.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Psychoneuroendocrinology menyatakan bahwa kurang tidur akan membuat Anda cenderung memilih porsi makan lebih besar.

Di sisi lain, tidur terlalu lama (lebih dari 10 jam sehari), berkorelasi dengan penurunan fungsi kognitif, peningkatan risiko diabetes, obesitas, depresi dan peradangan kronis.

4. Berlebihan memanjakan diri

Tidak ada salahnya jika di akhir pekan kita memanjakan diri sendiri. Namun, kebanyakan orang kerap membawa-bawa konsep 'self love', tapi sebenarnya malah tidak baik buat kesehatan.

Ashlea Braun, ahli diet di The Ohio State University Wexner Medical Center mengatakan kadang orang melakukannya dengan mengonsumsi makanan tinggi kalori.

"Meski Anda perlu bersantai dan memberikan penghargaan buat diri sendiri, pertimbangkan untuk melakukannya tanpa berhubungan dengan makanan misal membeli buku baru atau menghubungi teman," jelasnya.

5. Kurang minum

Saat akhir pekan di rumah, kadang kita lupa mengonsumsi air putih. Mungkin hal ini disebabkan kondisi santai, banyak rebahan, atau tidur, kalau tidak dibiasakan Anda bisa-bisa kekurangan asupan cairan.

Tetap sediakan gelas air atau botol berukuran besar sehingga Anda punya target untuk menghabiskan sebotol air dalam setengah hari.(Hdi)

BERITA TERKAIT