test

Figur

Sabtu, 20 Juni 2020 21:10 WIB

Menarik, Ultah Presiden Jokowi ke-59 Besok Bersamaan dengan Gerhana Matahari Cincin

Editor: Ferro Maulana

Presiden Repunlik Indonesia, Joko Widodo (Foto: Dok Net)

PMJ - Presiden RI Joko Widodo merayakan ulang tahun ke-59 besok Minggu (21/06/2020). Namun, momentum milad pada 21 Juni 2020, bakal terbilang istimewa. Hal itu disebabkan, pada 21 Juni diprediksi bakal terjadi fenomena alam Gerhana Matahari Cincin.

Situs resmi Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan Indonesia termasuk negara yang akan merasakan fenomena Gerhana Matahari.

Wilayah yang terlewati jalur cincin pada Gerhana Matahari Cincin (GMC) 21 Juni 2020 besok, yakni Kongo, Sudan Selatan, Ethiopia, Yaman, Oman, Pakistan, India, Cina, dan Samudera Pasifik.

GMC 21 Juni 2020 ini juga dapat diamati di sebagian Afrika bagian Utara dan Timur, Asia Tenggara (termasuk Indonesia), Samudra India, sebagian negara Eropa, Australia bagian Utara, dan Samudera Pasifik berupa Gerhana Matahari Sebagian.

"Gerhana Matahari merupakan peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semuanya sampai ke Bumi. Gerhana Matahari Cincin terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi tepat segaris dan pada saat itu piringan Bulan yang teramati dari Bumi lebih kecil daripada piringan Matahari," demikian tulis laman BMKG dalam keterangannya.

"Akibatnya, saat puncak gerhana, Matahari akan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya," tambahnya.

Masyarakat Beragam Profesi Ucapkan Selamat Ultah

Walaupun milad ke-59 Presiden Jokowi besok terkesan istimewa karena hadirnya fenomena alam Gerhana Matahari Cincin, namun tidak sedikit pula yang memberikan pesan, kesan, doa serta harapannya untuk Kepala Negara.

Kekaguman masyarakat dan banyak pihak kepada Jokowi pun terbukti. Beragam kalangan turut menyampaikan isi hati. Termasuk juga Dr. Sorni Paskah Daeli, M.Si, yang merupakan anggota Badan Penelitian dan Pengembangan HIMNI (Himpunan Masyarakat Nias Indonesia).

Ia pun mengapresiasi kinerja Jokowi. Alasan, dirinya mencintai Jokowi, Beliau selalu mengedepankan prinsip “berbuat yang terbaik” dan “hanya berbuat yang terbaik” untuk Rakyat Indonesia.

Dengan karakter yang ada pada Jokowi, ia yakin Jokowi mampu mengatasi berbagai masalah yang ada di Indonesia. Tak lain dalam memadukan kekuatan cita – cita dan pikiran dengan kerja keras.

Sementara itu, Mawarni yang merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Tanamasa, Kepulauan Batu, Nias Selatan, mengucapkan selamat ulang tahun untuk Presiden Jokowi.

"Semakin sukses dalam kiprahnya memimpin Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," ucapnya.

Menurutnya, Jokowi merupakan sosok yang memang dinilai merakyat serta memperhatikan orang kecil.

Selain itu, Jokowi juga peduli masyarakat tidak mampu. Jokowi juga merupakan sosok yang anti dan siap memberantas korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

Sedangkan, Drs. Suryadi, MM, selaku tenaga pendidik (dosen) Pancasila dan ketua lembaga lintas agama mengatakan bahwa Jokowi adalah sosok yang membanggakan untuknya.

Menurutnya, Jokowi pejuang tangguh di negeri ini. Hantaman yang terus menerus dan bertubi dengan segala cara mampu diselesaikan oleh Jokowi. (FER).

BERITA TERKAIT