test

News

Rabu, 29 Juli 2020 20:01 WIB

Mudik Idul Adha, Korlantas Polri Terjunkan 15 Ribu Polantas

Editor: Hadi Ismanto

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Istiono (Foto: PMJ/Istimewa)

PMJ - Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol Istiono menyebut pihaknya akan mengerahkan 15 ribu polisi lalu lintas guna mengamankan arus mudik Idul Adha 1441 Hijriah akhir pekan ini.

"Personel yang kami kerahkan sepertiga kekuatan atau kurang lebih 15 ribu orang," ujar Irjen Istiono saat memimpin apel pelepasan polisi lalu lintas yang bertugas mengamankan mudik Idul Adha, di Kantor NTMC Polri, Jakarta, Rabu (29/7/2020).

Istiono memprediksi akan ada gelombang mudik pada akhir pekan ini. Pasalnya, Idul Adha tahun ini jatuh pada hari Jumat sehingga ada tiga hari libur yang diperkirakan akan dimanfaatkan masyarakat untuk pulang kampung.

Menurut Istiono, sejumlah jalur yang akan dijaga polisi diantaranya jalan arteri dan tol dari Jakarta hingga Jawa Timur. Serta jalan arteri dan tol Banten hingga Lampung.

"Kegiatan (pengamanan mudik) ini fokus pada jalur tol, arteri dan tempat-tempat pariwisata," tandasnya.

Berbeda dari pengamanan mudik saat Idul Fitri lalu, mudik Idul Adha kali ini penjagaan yang dilakukan polantas bertujuan untuk memperlancar arus kendaraan para pemudik.

Selain menempatkan polisi di jalur-jalur mudik, mantan Kapolda Babel ini menyebut polisi juga disiagakan di lokasi-lokasi Sholat Ied dan lokasi pemotongan hewan qurban.

"Agar diatur, diantisipasi agar tidak terjadi kepadatan (kerumunan). Anggota (Polri) harus hadir di lapangan dan membantu masyarakat yang beraktivitas," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT