test

News

Rabu, 22 Juli 2020 18:48 WIB

Mendadak, AS Minta Konsulat China di Houston Ditutup

Editor: Hadi Ismanto

Perseteruan Amerika Serikat-China (Foto: Dok Net)

PMJ - Amerika Serikat meminta China agar menutup kantor konsulatnya di Houston, Texas. Terkait hal ini, China mengutuk permintaan penutupan tersebut dan mengancam akan melakukan tindakan balasan.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina, Wang Wenbin menyebut China mendapatkan pemberitahuan dari pemerintah AS pada Selasa (21/7) malam. Beijing menyerukan kepada AS untuk membatalkan langkah tersebut.

Seperti dilansir laman RT, Rabu (22/7/2020), Beijing saat ini mengoperasikan lima Konsulat Jenderal di Amerika Serikat, termasuk yang berada di New York, Chicago, San Francisco dan Los Angeles, serta Kedutaan Besar China di Washington DC.

Sebelumnya, Departemen Kepolisian Houston dan petugas pemadam kebakaran menerima laporan tentang kebakaran di halaman kantor konsulat China pada Selasa (21/7) malam.

Hubungan antara AS dan China semakin memburuk sejak pandemi virus corona. Presiden AS, Donald Trump berulang kali menyalahkan Tiongkok atas penyebaran virus tersebut di seluruh dunia.

Sebelumnya, para pejabat AS menyebut sedang mempertimbangkan opsi untuk memberikan hukuman kepada China atas besarnya jumlah kematian akibat virus tersebut. AS juga memiliki opsi untuk melarang platform media sosial asal China seperti TikTok.(Hdi)

BERITA TERKAIT