test

News

Rabu, 15 Juli 2020 18:32 WIB

Menparekraf Terbitkan Panduan Protokol Kesehatan Hotel dan Restoran

Editor: Hadi Ismanto

Tips aman makan Restoran dan cafe saat PSBB Transisi. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menerbitkan buku panduan protokol kesehatan di bidang hotel dan restoran di masa tatanan kehidupan baru.

Buku panduan protokol kesehatan tersebut merupakan turunan dari Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020 tentang Protokol Kesehatan bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Kepala Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio mengimbau pelaku parekraf untuk aktif dalam mencari, memahami, serta mengimplementasikan protokol kesehatan dengan taat dan disiplin.

Menurut dia, industri pariwisata harus bersiap diri untuk dapat memberikan jaminan kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan yang tinggi terhadap produk dan pelayanan yang diberikan kepada wisatawan.

"Oleh karena itu, perlu adanya buku panduan praktis bagi industri pariwisata dalam menyiapkan produk dan pelayanan yang bersih, sehat, aman, dan ramah lingkungan khususnya hotel dan restoran," ungkap Wishnutama dalam keterangannya.

Penyusunan buku panduan protokol kesehatan juga melibatkan berbagai pihak diantaranya asosiasi usaha hotel dan restoran, asosiasi profesi terkait bidang perhotelan dan restoran.

Selain itu penyusunan ini juga melibatkan akademisi dengan tetap mengacu pada protokol kesehatan dari Kementerian Kesehatan dan arahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Dengan adanya panduan ini, Wishnutama berharap dapat meningkatkan pemahaman para pihak terkait usaha hotel dan restoran dalam mengimplementasikan protokol kesehatan serta dapat berkontribusi dalam membangkitkan kembali industri pariwisata.(Hdi)

BERITA TERKAIT