test

News

Sabtu, 14 Maret 2020 11:02 WIB

Akibat Corona, Sejumlah Film Hollywood Tunda Perilisan

Editor: Hadi Ismanto

Pandemi virus corona mempengaruhi industri film Hollywood (Foto: Dok Net)

PMJ - Penyebaran virus corona atau COVID-19 telah menjadi pandemi. Wabah ini memiliki pengaruh besar terhadap segala aspek kehidupan manusia saat ini. Salah satunya pada industri hiburan.

Gemerlap industri entertaiment seolah tak mampu menahan pandemi wabah virus corona ini. Banyaknya jadwal konser, tur dan festival musik besar yang harus ditunda atau bahkan dibatalkan.

Begitu juga dengan dunia film. Hollywood turut berperan untuk berusaha mengendalikan penularan virus ini dengan menunda atau mengundurkan perilisan film yang telah terjadwal untuk periode Maret hingga Mei tahun ini.

Salah satu alasan penundaan perilisan film karena virus corona ini sangat mudah menyebar di kawasan publik dan event yang padat kerumunan orang. Selain itu, penundaan ini juga punya sisi baik bagi distributor untuk menahan film besar mereka sampai kondisi baik.

Seperti dilansir laman Screen Rant, Sabtu (14/3/2020), berikut sejumlah film yang ditunda perilisan demi menghindari bahaya dari penyebaran virus corona.

Ada sejumlah film yang perilisannya telah ditunda hingga sejauh ini. Dari film berdana besar sampai film berdana kecil, semuanya memilih untuk menahan diri demi menghindari bahaya virus corona. dikutip dari

1. Fast and Furious 9

Meskipun produser dan bintang utama film ini, Vin Diesel berjanji kalau Fast & Furious 9 tidak akan diundur dari perilisannya pada Mei mendatang karena virus corona, situasi yang tidak disangka telah menyebabkan film ini ditunda.

Secara resmi, Universal kini mengubah tanggal perilisan film itu menjadi 2 April 2021 atau mundur setahun. Tanggal itu sejatinya akan dipakai untuk merilis Fast & Furious 10. Seperti James Bond, Fast Saga adalah franchise dengan audiens global yang besar

2. The New Mutants

Film terakhir X-Men di Fox yang selesai sebelum dibeli Disney ini akhirnya turut ditunda akibat pandemi virus corona. Ini adalah kali keempat film The New Mutants yang dibesut Josh Boone ini mengalami penundaan perilisan.

Film ini pernah ditunda karena harus menjalani syuting ulang yang ternyata tidak pernah terjadi, Disney membeli Fox dan film ini terus ditunda perilisannya selama dua tahun setelah itu. Di bawah naungan Disney, film ini sedianya dirilis pada 1 April tahun ini.

3. Mulan

Agak mengejutkan karena Disney menanti sekian lama untuk menunda perilisan Mulan dan melakukannya hanya sekitar dua pekan sebelum film ini ditayangkan di bioskop. Apalagi, Disney telah menggelar World Premiere untuk Mulan pada awal bulan ini.

Pada saat yang sama, proyeksinya terlalu mahal bagi studio ini untuk merisikokan penampilan box office di bawah standar, terutama dengan banyaknya box office internasional yang tutup untuk berusaha menekan penyebaran virus corona.

Rencana sementara Disney adalah merilis Mulan pada paruh kedua 2020, dan mempertimbangkan banyaknya film yang dimiliki Disney, studio ini seharusnya tidak punya banyak masalah untuk mendapatkan tanggal baru.

4. Black Widow

Black Widow masih menjadi satu-satunya film besar yang belum mengalami pengunduran jadwal perilisan dari Disney atau pun Marvel Studios. Film ini tetap dijadwalkan dirilis pada 29 April mendatang di Indonesia.

Namun, tetap harus dilihat apakah Disney masih percaya diri untuk merilis film ini di tengah situasi seperti sekarang atau justru menundanya.

Penundaaan Black Widow tidak hanya akan mempengaruhi jadwal perilisan film Disney atau Marvel, tapi diperkirakan akan berdampak pada Marvel Cinematic Universe.(Hdi)

BERITA TERKAIT