test

News

Senin, 27 Januari 2020 21:35 WIB

Pemerintah RI Terus Upayakan Kirim Bantuan ke Wuhan

Editor: Ferro Maulana

Sejumlah WNI masih berada di Wuhan, China yang sedang diisolasi karena wabah virus corona (Foto: Instagram/@jokowi)

PMJ - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pemerintah akan mengirim bantuan bagi sejumlah WNI di Wuhan, China. Namun, hal tersebut terkendala wabah penyakit yang disebankan oleh virus Corona.

"Sejumlah mahasiswa dan beberapa warga Indonesia masih berada di Kota Wuhan, China. Kita kesulitan mengirim bantuan logistik kepada mereka akibat adanya wabah virus ini," ungkap Jokowi kepada wartawan di Surabaya, Senin (27/1/2020).

Menurut Jokowi, pemerintah setempat sangat membatasi keluar masuk daerah tersebut. Akan tetapi, pengiriman logistik ini masih terus diupayakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di China.

"Berkaitan dengan pengiriman bantuan logistik ini kita masih terbentur dengan aturan main karena untuk masuk ke sana ketat sekali. Tapi masih dalam pendalaman oleh KBRI kita agar semua terlayani dengan baik," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Negara juga berpesan agar warga Indonesia baik yang berada di China maupun di dalam negeri senantiasa tetap waspada terhadap penularan wabah corona virus.

Presiden memastikan pengawasan di semua bandara dalam negeri, khususnya yang berhubungan dengan penerbangan dari dan tujuan ke negeri China telah dilakukan semaksimal mungkin.

"Memang ini bukan sesuatu yang mudah. Karena pada masa inkubasi panas kadang-kadang tidak bisa terdeteksi dengan scanner yang kita miliki," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT