test

News

Kamis, 23 Januari 2020 11:20 WIB

Jokowi Perintahkan TNI-Polri Fokus Jaga Kedaulatan NKRI

Editor: Ferro Maulana

Presiden Joko Widodo menghadiri Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan 2020 (Foto: Dok Net)

PMJ - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa kedaulatan negara tidak bisa ditawar lagi. Karenanya, Kepala Negara memerintahkan kepada institusi TNI-Polri untuk bekerja keras dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat memberikan arahan kepada para peserta Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan (Rapim Kemhan) 2020. Acara ini berlangsung di Gedung Kemenhan, Jakarta Pusat, Kamis (23/1/2020)

"Pagi hari ini saya perintahkan, kepada seluruh jajaran TNI Polri, harus bekerja bersungguh-sungguh dalam rangka memperkuat dan menjaga kedaulatan negara kita Indonesia, untuk berdiri paling depan dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI," jelas Jokowi.

Pada kesempatan yang sama, Jokowi menyebut tantangan ke depan tentu akan semakin berat. Kepala Negara juga mengingatkan pentingnya kemampuan mengatasi ancaman yang kompleks dan berimplikasi terhadap pertahanan negara.

Ancama itu, lanjut Jokowi, antara lain konflik internal, perang asimetrik, gerilya, perang proxy, perang hybrid yang menggabungkan strategi militer nonmiliter serta konvensional dan nonkonvesional.

"Ke depan tantangan kita semakin berat. Tantangan besar pertama adalah semakin luasnya spektrum konflik di berbagai belahan dunia," tandasnya.

Tak kalah penting, lanjut Jokowi, harus dipersiapkan alat pertahanan yang mumpuni. Alutsista ini untuk menegakkan kedaulatan di kawasan Indonesia. "Harus siap persenjataan untuk melakukan penegakkan hukum di wilayah kita," tukasnya.

BERITA TERKAIT